PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA DI SMA N 1 BAYAT

Darmawan, Iwan (2017) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA DI SMA N 1 BAYAT. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_IWAN_DARMAWAN_11404241018.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi dan lingkungan teman sebaya baik secara parsial maupun simultan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa di SMA N 1 Bayat. Penelitian ini merupakan penelitian dengan ex-post facto pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Bayat kelas X dan XI tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dengan jumlah responden sebanyak 120 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan status sosial ekonomi terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa di SMA N 1 Bayat. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa di SMA N 1 Bayat. (3) Terdapat pengaruh status sosial ekonomi dan lingkungan teman sebaya secara simultan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa di SMA N 1 Bayat. Kata kunci: status sosial ekonomi, teman sebaya, minat melanjutkan studi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 16 Feb 2017 07:40
Last Modified: 30 Jan 2019 13:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47127

Actions (login required)

View Item View Item