PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KINERJA DOSEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Mahasin, Muhammad Nurul (2017) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KINERJA DOSEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD NURUL MAHASIN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Kinerja Dosen terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, 2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, 3) Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Kinerja Dosen dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang telah mengambil mata kuliah Ekonomi Moneter, Ekonomi Mikro, Ekonomi Makro, Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Ekonomi Kerakyatan dan Perpajakan berjumlah 80 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data Motivasi Belajar pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data Prestasi Belajar Ekonomi. Pengujian instrumen dengan uji validitas dan reliabilitas. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan uji t yang digunakan untuk menguji hipotesis pertama dan kedua. Dan regresi berganda dengan uji F untuk mengikuti hipotesis ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi Mahasiswa tentang Kinerja Dosen berpengaruh positif signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai t hitung (2,781) > t tabel (1,991), dengan signifikasi 0,007 (<0,05). (2) Motivasi Belajar berpengaruh positif signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai t hitung (4,094) > t tabel (1,991), dengan signifikasi 0,000 (<0,05). (3) Persepsi Mahasiswa tentang Kinerja Dosen dan Motivasi Belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai F hitung (24,888) > F tabel (3,115), dengan signifikasi 0,000 (<0,05). Kata Kunci: Kinerja dosen, motivasi belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 16 Feb 2017 07:40
Last Modified: 30 Jan 2019 13:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47123

Actions (login required)

View Item View Item