Kana Hidayati, M.Pd. (2016) Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap pada Mata Pelajaran Matematika SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Artikel Penelitian Disertasi Doktor.
|
Text
Abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merumuskan langkah-langkah mengembangkan instrumen penilaian sikap yang mampu menghasilkan instrumen penilaian sikap berkualitas baik untuk mata pelajaran matematika dan (2) mengimplementasikan langkah-langkah tersebut untuk menghasilkan instrumen penilaian kompetensi sikap pada mata pelajaran matematika berdasarkan Kurikulum 2013 yang terbukti berkualitas baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan yang terdiri dari dua tahap. Tahap I merupakan penelitian yang dilakukan secara analitis untuk merumuskan langkah-langkah mengembangkan instrumen penilaian sikap yang mampu menghasilkan instrumen penilaian sikap berkualitas baik. Pada tahap II, mengimplementasikan cara menyusun instrumen yang diperoleh pada tahap I guna menghasilkan instrumen penilaian kompetensi sikap pada mata pelajaran matematika yang terbukti berkualitas baik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh langkah-langkah mengembangkan instrumen yang secara teoritis mampu menghasilkan instrumen penilaian sikap berkualitas baik pada mata pelajaran matematika sebagai berikut: (a) Mencermati pencapaian kompetensi pada mata pelajaran Matematika berdasarkan kurikulum yang digunakan, (b) Menentukan jenis sikap yang akan dinilai pembelajaran matematika bersesuaian dengan materi yang dipelajari siswa, (c) Melakukan kajian teoretik mengenai sikap yang akan dinilai, (d) Menentukan bentuk instrumen dengan memperhatikan level sikap yang akan dinilai dan menyusun kisi-kisi instrumen, (e) Menyusun butir-butir instrumen, (f) Menelaah butir-butir instrumen melalui expert judgment, (g) Melakukan ujicoba dan analisis hasil uji coba., dan (h) Melakukan revisi dan menetapkan instrumen akhir. Penelitian juga menghasilkan instrumen penilaian sikap berupa lembar penilaian diri yang memuat skala sikap jujur, skala sikap tanggung jawab, dan skala sikap matematis yang terbukti berkualitas baik. Ditinjau dari validitas isi, penilaian enam pakar menyatakan secara keseluruhan butirbutir instrumen layak digunakan dengan didukung indeks V Aiken sebesar 0,79 – 0,92. Ditinjau validitas konstruk, hasil uji coba dengan responden siswa SMP di kota Yogyakarta berhasil diekstraksi lima faktor untuk skala sikap jujur, tiga faktor untuk skala sikap tanggung jawab, dan empat faktor untuk skala sikap matematis.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Laporan Hasil Penelitian Disertasi Doktor 2016 |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 08 Feb 2017 01:33 |
Last Modified: | 08 Feb 2017 01:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46942 |
Actions (login required)
View Item |