KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DALAM SETING TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Handayani, Isti and Wutsqa, Dhoriva Urwatul (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DALAM SETING TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
BAB 0.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran menggunakan model pembelajaran generatif dalam seting team accelerated instruction (TAI) dan metode ekspositori ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 4 Sleman sebanyak 4 kelas dengan total 127 siswa. Sampel yang terpilih adalah kelas VII A dengan 32 siswa yang mendapat perlakuan pembelajaran menggunakan metode ekspositori sebagai kelas kontrol dan kelas VII C dengan 31 siswa yang mendapatkan perlakuan pembelajaran menggunakan model pembelajaran generatif dalam seting team accelerated instruction (TAI) sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, angket motivasi belajar, dan lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan dua cara yakni: 1) one sample t-test digunakan untuk menyelidiki keefektifan model pembelajaran generatif dalam seting team accelerated instruction (TAI) dan metode ekspositori; dan 2) Multivariate Analysis of Variance (Manova), digunakan untuk menyelidiki perbedaan keefektifan antara model pembelajaran generatif dalam seting team accelerated instruction (TAI) dan metode ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran generatif dalam seting team accelerated instruction (TAI) efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa, dan pembelajaran menggunakan metode ekspositori efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis namun tidak efektif ditinjau dari motivasi belajar siswa. Untuk perbedaan keefektifan, hasil temuan menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan keefektifan antara pembelajaran menggunakan model pembelajaran generatif dalam seting team accelerated instruction (TAI) dan metode ekspositori ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, hasil temuan juga menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran generatif dalam seting team accelerated instruction (TAI) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode ekspositori ditinjau dari motivasi belajar siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Genaratif, TAI, ekspositori, kemampuan pemecahan masalah, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 07 Feb 2017 06:21
Last Modified: 30 Jan 2019 13:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46896

Actions (login required)

View Item View Item