UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL MELALUI TEKNIK PORPE (PREDICT, ORGANIZE, REHEARSE, PRACTICE, EVALUATE)

Volley, Puspita Ningtyas (2016) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL MELALUI TEKNIK PORPE (PREDICT, ORGANIZE, REHEARSE, PRACTICE, EVALUATE). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ VOLLEY PUSPITA NINGTYAS_NIM 12203241021.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) keaktifan peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul dalam proses pembelajaran bahasa Jerman, (2) prestasi keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul melalui teknik PORPE (Predict, Organize, Rehearse, Practice, Evaluate). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Strategi ditentukan secara kolaboratif antara peneliti dan pendidik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini, yaitu (1) keberhasilan proses dan (2) keberhasilan produk. Keberhasilan proses dilihat dari peningkatan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa Jerman. Keberhasilan produk dilihat dari peningkatan prestasi keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan keaktifan peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul sebesar 64,19% melalui teknik PORPE (Predict, Organize, Rehearse, Practice, Evaluate) dan (2) terdapat peningkatan prestasi keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul melalui teknik PORPE (Predict, Organize, Rehearse, Practice, Evaluate) dengan persentase mencapai 96,29%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teknik PORPE
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 24 Jan 2017 01:08
Last Modified: 30 Jan 2019 12:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46282

Actions (login required)

View Item View Item