KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG DALAM PEMBELAJARAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO

Reza, Fauziqurahman (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG DALAM PEMBELAJARAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI REZA FAUZIQURAHMAN PDF.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo antara yang diajar dengan menggunakan media permainan teka-teki silang dan yang diajar dengan media konvesional, (2) keefektifan penggunaan media permainan teka-teki silang dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pre- post-test control group design.Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo sebanyak 96 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPS 1 (25 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 (23 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik pada pre-test dan post-test. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan thitung = 2,494 lebih besar dari ttabel = 2,009 dengan taraf signifikansi = 0,05 dan db = 46. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas XI antara yang diajar dengan menggunakan media permainan teka-teki silang dan yang diajar dengan media konvensional. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 77,20 lebih besar dari kelas kontrol yaitu71,63 dengan bobot keefektifan sebesar 8,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan teka-teki silangdalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo lebih efektif daripada penggunaan media konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media permainan teka-teki silang, penguasaan kosakata
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:04
Last Modified: 30 Jan 2019 12:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46239

Actions (login required)

View Item View Item