KESULITAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN DESAIN BLUS SISWA KELAS XI TATA BUSANA DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Anggarani, Pribudi (2016) KESULITAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN DESAIN BLUS SISWA KELAS XI TATA BUSANA DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
TAS 2016.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui tingkat kesulitan belajar yang dialami siswa dalam membuat desain blus, (2) mengetahui tingkat kesulitan belajar yang dialami siswa dalam membuat desain blus ditinjau dari aspek kognitif, (3) mengetahui tingkat kesulitan belajar yang dialami siswa dalam membuat desain blus ditinjau dari aspek afektif, (4) mengetahui tingkat kesulitan belajar yang dialami siswa dalam membuat desain blus ditinjau dari aspek psikomotorik. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 6 Yogyakarta yang beralamat di Jl. Kenari 4 Yogyakarta. Desain penelitian ini adalah deskriptif. Penentuan sampel dengan teknik purposive sampling dengan jumlah 27 siswa. Validitas instrumen kognitif dengan analisis butir product moment dengan satu butir no.9 dinyatakan gugur. Validitas instrumen afektif dan psikomotorik dengan validitas isi oleh judgement expert dan seluruh butir instrumen dinyatakan valid. Reliabilitas instrumen kognitif dengan analisis alpha cronbach dan 24 butir soal dinyatakan reliabel. Reliabilitas instrumen afektif dan psikomotorik dengan kesepakatan antar rater dan seluruh butir instrumen dinyatakan reliabel. Metode pengumpulan data dengan metode tes berupa tes kognitif, tes psikomotorik dan lembar pengamatan afektif. Teknik analisis data deskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tingkat kesulitan membuat desain blus dengan rerata 62,26 prosentase 88,9% dengan kategori cukup sulit, kesulitan siswa yang dominan dalam segi psikomotorik yaitu pembuatan desain blus (2) tingkat kesulitan pembuatan blus ditinjau dari aspek kognitif mencapai rerata skor 17,33 prosentase 55,6% dengan kategori tidak sulit, hal ini menunjukan siswa tidak mengalami kesulitan dalam segi materi pembuatan desain blus (3) tingkat kesulitan pembuatan desain blus dari aspek afektif mencapai rerata 25,52 prosentase 59,3% dengan kategori tidak sulit, hal ini menunjukan siswa tidak mengalami kesulitan dalam kejujuran, kedisiplinan, dan kecermatan (4) tingkat kesulitan pembuatan desain blus dari aspek psikomotorik mencapai rerata skor 26,00 prosentase 77,8 % dengan kategori cukup sulit, hal ini menunjukan bahwa siswa masih kesulitan dalam praktik pembuatan desain blus yang meliputi pembuatan proporsi model dan pembuatan sketsa blus. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa masih kesulitan dalam membuat desain blus, dalam hal ini diperlukan metode pembelajaran yang menarik dan kreatif serta pembimbingan yang intensif agar siswa dapat mencapai kompetensi dalam pembuatan desain busana, khususnya desain blus. Kata kunci : kesulitan, kompetensi, pembuatan desain blus

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Jan 2017 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 12:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46163

Actions (login required)

View Item View Item