PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU GIZI MATERI POKOK ZAT GIZI SUMBER TENAGA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 PURWOREJO

Anggar Dewana, Nurmalasari (2016) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU GIZI MATERI POKOK ZAT GIZI SUMBER TENAGA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 PURWOREJO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN_Anggar.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan pengembangan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui tahapan pengembangan media video pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Gizi dengan materi pokok Zat Gizi Sumber Tenaga yaitu Karbohidrat dan Lemak, (2) Mengetahui tingkat pemahaman media vieo pembelajaran pada materi Zat Gizi Sumber Tenaga untuk siswa kelas X jurusan jasa boga di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Purworejo, dan (3) Mengetahui kelayakan media video pembelajaran untuk mata pelajaran Ilmu Gizi dengan materi pokok Zat Gizi Sumber Tenaga (Karbohidrat dan Lemak) sebagai sumber belajar siswa kelas X jurusan jasa boga di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Penyusunan Video Pembelajaran Zat Gizi Sumber Tenaga dilakukan dengan model 4D yaitu pada tahap define, design, development, dan disseminate. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan cara metode wawancara, tes, dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Sasaran dari pengembangan penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Kejuruan jurusan jasa boga kelas X, dimana objek penelitian ini adalah peserta didik Jurusan Jasa Boga Kelas X Jasa Boga 2 di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Purworejo sebanyak 30 orang, yang didapatkan berdasarkan taraf kesalahan 5% dari jumlah peserta didik sebanyak 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahapan Pengembangan media Video Pembelajaran Zat Gizi Sumber Tenaga yang dikembangkan oleh penulis adalah sesuai dengan prosedur 4D yaitu Define dapat dilakukan dengan Analisis Kurikulum, Analisis Peserta didik, Analisis Materi dan Merumuskan Tujuan, Design membuat Rancangan Produk dan Penyusunan Produk, Development dilakukan melalui Validasi Ahli, Revisi dan Uji Coba Produk, dan Disseminate dengan cara penyebaran keping CD/master flashdisk, (2) Tingkat pemahaman responden terhadap Video Zat Gizi Sumber Tenaga sebesar 83,11%, hal ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman Video Pembelajaran termasuk kedalam kriteria mudah dipahami, dan (3) Tingkat Kelayakan Video Pembelajaran Zat Gizi Sumber Tenaga terhadap responden memiliki persentase sebesar 55,81%. Hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa tingkat kelayakan responden terhadap Video Pembelajaran Zat Gizi Sumber Tenaga termasuk ke dalam kriteria tepat. Kata kunci : pengembangan media, video pembelajaran, sumber belajar, ilmu gizi, zat gizi sumber tenaga.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > Pendidikan Teknik Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Jan 2017 01:26
Last Modified: 30 Jan 2019 12:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45750

Actions (login required)

View Item View Item