LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SLB WIYATA DHARMA I SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Dewi Setianingsih, Dewi Setianingsih (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SLB WIYATA DHARMA I SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13103241078 Dewi Setianingsih.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan merupakan suatu progam kependidikan yang dirancang untuk melatih mahasiswa calon guru dalam menguasai kemampuan keguruan secara utuh dan terintegrasi. Tujuan dari kegiatan PPL ini untuk mempersiapkan calon pendidik yang memiliki kompetensi untuk menjadi pendidik yang profesional. Kegiatan PPL dalam jurusan pendidikan luar biasa dibagi menjadi dua yaitu PPL I dan PPL II. Kegiatan PPL II merupakan tindak lanjut dari kegiatan PPL I. Kegiatan PPL dilaksanakan di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman . Berlangsung selama 2 bulan, yaitu dari tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. SLB Wiyata Dharma 1 Sleman merupakan sekolah luar biasa yang memiliki siswa dengan hambatan pendengaran dan hambatan intelektual. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II dilaksanakan dengan beberapa kegiatan, meliputi: 1) observasi, 2) wawancara, 3) re-asesmen, 4) penyususnan perangkat pembelajaran, 5) pembuatan media pembelajaran, 6) pengajaran klasikal, 7) pengajaran individual, 8) pendampingan pembelajaran, 9) bimbingan dengan guru, 10) bimbingan dengan DPL, dan 11) penyususnan laporan akhir. Kegiatan diatas merupakan kegiatan yang disusun dan direncakana untuk mengetahui karakteristik, kebutuhan, dan penanganan siswa. Berdasarkan hasil asesmen dan intervensi, capaian tujuan dari pembelajaran yang telah ditetapkan tidak sesuai dengan target tujuan pendek yaitu presentase 75 %. Waktu pelaksanaan intervensi yang minim menjadi salah satu faktor kurangnya ketercapaian presentase sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Dibutuhkan waktu khusus di luar pembelajaran secara klasikal agar siswa dapat lebih fokus mengikuti pembelajaran secara individual. Koordinasi dengan pihak guru dan orang tua sangat penting dalam peningkatan kemampuan belajar siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, UNY, SLB Wiyata Dharma 1 Sleman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jan 2017 07:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45556

Actions (login required)

View Item View Item