PENERAPAN METODE BELAJAR PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MEKANIK OTOMOTIF B PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR OTOMOTIF DI SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA

Dedi, Tri Nugroho (2016) PENERAPAN METODE BELAJAR PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MEKANIK OTOMOTIF B PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR OTOMOTIF DI SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
a. Naskah TAS.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses kegiatan belajar mengajar, menyelesaikan masalah yang terjadi dengan peningkatan aktifitas belajar dan menyelesaikan masalah peningkatan prestasi siswa kelas X Mekanik Otomotif B SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta dengan penerapan metode belajar peer teaching pada mata pelajaran dasar-dasar otomotif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, pada proses pembelajarannya menerapkan metode belajar peer teaching dan berlangsung dalam 2 siklus. Penelitian ini meliputi 4 tahapan yang dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X MB SMK Tamansiswa dengan jumlah 27 siswa pada mata pelajaran dasar-dasar otomotif. Sistematika pelaksanaan penelitian ini menerapkan 2 siklus, perencanaan siklus I berdasarkan studi pendahuluan, tindakan di kelas dengan memilih tutor (peer) dari siswa yang paling menonjol di kelas, pengamatan aktivitas belajar dan prestasi belajar selama penerapan peer teaching. Perencanaan siklus II disusun berdasarkan refleksi siklus I, tindakan di kelas dengan memilih siswa yang berprestasi pada siklus I, pengamatan aktivitas belajar dan prestasi belajar selama penerapan peer teaching siklus II, kemudian merefleksikan hasil penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan ialah lembar penilaian prestasi belajar siswa dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Data kuantitatif yang diperoleh selama penelitian kemudian dianalisis dengan statistika deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan: (1)Peningkatan aktivitas positif pada proses kegiatan belajar mengajar teori adalah 21,50%, peningkatan aktivitas belajar positif pada kegiatan belajar mengajar praktikum adalah 19,24%. (2)Penurunan aktivitas belajar negatif pada kegiatan belajar mengajar teori sebanyak 6,43%, sedangkan penurunan aktivitas belajar pada kegiatan belajar mengajar praktikum sebanyak 12,22%. (3)Prestasi belajar pada siklus I adalah 74,13, sedangkan prestasi belajar pada siklus II adalah 87,60. Peningkatan prestasi belajar pra tindakan dengan siklus I sebanyak 78,27%, sedangkan pra tindakan dengan siklus II sebanyak 85,68%. Kata kunci : Dasar-Dasar Otomotif, Penelitian Tindakan Kelas, Peer Teaching

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Jan 2017 08:11
Last Modified: 30 Jan 2019 12:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45502

Actions (login required)

View Item View Item