Listia, Milani Amri (2016) PENINGKATAN BUDAYA MEMBACA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI GIRIPENI KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Milani Amri Listia_12110244029_skripsi.9.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui upaya sekolah dalam meningkatkan budaya membaca peserta didik di SD Negeri Giripeni, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan budaya membaca peserta didik di SD Negeri Giripeni. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru, pustakawan, kepala sekolah dan orang tua. Objek dalam penelitian ini adalah budaya membaca peserta didik di SD Negeri Giripeni. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Untuk melakukan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) upaya sekolah dalam meningkatkan budaya membaca peserta didik dengan cara mengadakan kerjasama dengan Kantor Perpusatakaan dan Arsip Kabupaten Kulon Progo berupa layanan perpustakaan keliling. (2) faktor pendukung dalam meningkatkan budaya membaca berupa dukungan dari orang tua dengan memberikan contoh yang baik kepada anaknya selama di rumah, dan adanya dukungan dari intern sekolah dengan memberikan motivasi kepada para peserta didik. yang menjadi faktor penghambat dalam meningkatkan budaya membaca adalah perpustakaan sekolah yang masih perlu dikembangkan. Kata Kunci: peningkatan, budaya membaca, peserta didik sekolah dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan |
Depositing User: | Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 05 Jan 2017 07:26 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45479 |
Actions (login required)
View Item |