Setyowati, Rizki Nisa (2016) PENDIDIKAN ANAK DI MASYARAKAT MARGINAL KAMPUNG PAJEKSAN KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Rizki Nisa Setyowati_12110244012_Skripsi.7.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gambaran kondisi pendidikan anak, peran orangtua dalam proses pendidikan anak dalam keluarga, dan pengaruh lingkungan masyarakat terhadap pendidikan anak di masyarakat marginal Kampung Pajeksan Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan di Kampung Pajeksan Kota Yogyakarta pada bulan Mei-Juli 2016. Subjek penelitian adalah orangtua, anak, dan tokoh masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Orangtua memahami pentingnya pendidikan walaupun masih ada anak yang tidak melanjutkan sekolah. Orangtua berharap anak mampu menempuh pendidikan yang layak, menjadi pintar dan berprestasi. Orangtua memberi bantuan dalam pendidikan berupa memenuhi kebutuhan anak, memberikan motivasi, serta menyediakan fasilitas dan hadiah. 2) Orangtua menanamkan nilai dalam keluarga sperti nilai moral, nilai kesopanan, nilai agama, dan nilai berprestasi yang dilakukan dengan memberi nasihat, teladan, pengawasan dan aturan, serta hukuman 3) Pengaruh nilai-nilai negatif lebih dominan di masyarakat Kampung Pajeksan. Kata kunci: Pendidikan anak di masyarakat marginal; pendidikan anak; masyarakat marginal
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan |
Depositing User: | Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 05 Jan 2017 07:19 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45466 |
Actions (login required)
View Item |