Faktor-Faktor Keberhasilan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM Handayani) Sebagai Gerakan Pendidikan Orang Dewasa di Desa Pingit Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara

Mulyoto, Mulyoto (2010) Faktor-Faktor Keberhasilan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM Handayani) Sebagai Gerakan Pendidikan Orang Dewasa di Desa Pingit Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mulyoto-05704251001.swf

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keberhasilan internal PKBM Handayani sebagai gerakan pendidikan orang dewasa, (2) keberhasilan eksternal PKBM Handayani sebagai gerakan pendidikan orang dewasa, (3) faktor internal yang mendukung keberhasilan PKBM Handayani sebagai gerakan pendidikan orang dewasa dan 4) faktor eksternal yang mendukung keberhasilan PKBM Handayani sebagai gerakan pendidikan orang dewasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Populasi penelitian adalah: (1) pengelola PKBM Handayani yang terdiri dari unsur pendiri, pembina, ketua, bendahara, sekretaris dan penanggung jawab masing-masing kegiatan, dan (2) stakeholders secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk memastikan keberhasilan data digunakan teknik triangulasi. Data dianalisis melalui alur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Keberhasilan internal PKBM Handayani tampak dalam hal: (a) Besarnya jumlah warga belajar setiap tahun (> 60 orang), (b) banyaknya kegiatan belajar setiao tahun (> 4 kegiatan), (c) adanya kesesuaian program kegiatan dengan kebutuhan warga belajar, (d) Kontinyuitas program kegiatan (> 8 tahun), (e) banyaknya pertemuan-pertemuan lain yang lebih luas sebagai penguat kegiatan belajar-mengajar, (f) berfungsi sebagai sumber informasi lebih luas bagi masyarakat. (2) Keberhasilan eksternal PKBM Handayani sebagai berikut: (a) Dalam bidang ekonomi belum mampu menambah penghasilan secara riil, namun demikian PKBM Handayani telah memberikan ketrampilan ekonomis yang sewaktu waktu dapat dimanfaatkan. (b) Dalam bidang sosial PKBM Handayani berhasil meraih kepercayaan, popularitas dan membangun semangat sosial serta kerja sama tokoh sosial dan keagamaan. (3) Berbagai faktor internal yang mendukung keberhasilan PKBM Handayani yaitu: (a) kepengurusannya lengkap, (b) terpenuhinya tuntutan kualifikasi tutor, c) komitmen yang baik dari pengelola dan masyarakat, d) Sarana dan prasarana mewadahi, e) Strategi pengelolaan yang kurang birokratif. (4) Berbagai faktor eksternal yang mendukung keberhasilan PKBM Handayani ialah: (a) kebijakan Pemerintah Pusat tentang Pendidikan Kesehatan, (b) Renstra Pemerintah Daerah yang mengedepankan pendidikan, kesehatan dan penghasilan, (c) Beberapa fasilitas dari pemerintah desa, Kecamatan dan masyarakat, dan (d) Mitra kerja yang luas dan variatif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: faktor keberhasilan, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, gerakan pendidikan orang dewasa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2016 02:27
Last Modified: 29 Jan 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45278

Actions (login required)

View Item View Item