LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 SMP NEGERI 3 KALASAN

Endri Iswanti, Endri Iswanti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 SMP NEGERI 3 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 Halaman Judul.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Hal Pengesahan.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Kata Pengantar.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Hal Observasi Sekolah.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 Hal Observasi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Matrik.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 matrik.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 Laporan Mingguan.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 RPP kls 9 C 1.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 Serapan Dana.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 lembar bimbingan.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 RPP Vokal Group 8- 3 C.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 ttd RPP VOCAL GRUP.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 TTD RPP VOCAL GROUP.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 Rpp 8 C 3.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 TTD RPP 8C.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 PENILAIAN1.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 TTD.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 pENILAIAN 2.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 TTD penilaian.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 Penilaian.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
20 ttd penilaian.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
21 PENILAIAN4.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
22 ttd penilaian.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
23 PENILAIAN5.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
24 ttd penilaian.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
25 Penilaian 6.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
26 ttd penilaian 6.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
27 Silabus.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
28 Lampiran Gambar.pdf

Download (961kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu lembaga pendidikan selalu mempertahankan dan mengembangakan fungsi untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru dan tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan, sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan memberikan bekal kepada mahasiswa berupa serangkaian mata kuliah, salah satunya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Tujuan utama dari kegiatan PPL untuk memberikan pengalaman dan pembelajaran kepada mahasiswa tentang bagaimana proses pembelajaran di sekolah, dalam rangka belajar dan mengembangkan kompetensi keguruan maupun kependidikan yang dimiliki. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMP N 3 Kalasan, para praktikan mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahlian. Persiapan yang dilakukan sebelum Praktik Pengalama Lapangan (PPL) yakni pengajaran mikro, pembekalan PPL, observasi pembelajaran di kelas, dan pembuatan persiapan mengajar. Kegiatan PPL dimulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 23 September 2016 yang terdapat beberapa kegiatan atau program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yakni penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), praktik mengajar di kelas, mempelajari administrasi guru, bimbingan dengan guru pembimbing lapangan dan dosen pembimbing lapangan, serta penyusunan dan pelaksanaan evaluasi PPL. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas dimulai tanggal 23 April 2016 sampai dengan 16 Juli 2016, sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing di SMP N 3 Kalasan. Melalui kegiatan PPL ini banyak sekali manfaat yang dapat diambil. Praktikan dapat menerapkan teori yang telah diberikan dosen di kampus untuk diterapkan sewaktu bertugas di sekolah. Ketika menerapkan ilmu-ilmu tersebut, terdapat banyak benturan di sekolah. Hal itu mendorong praktikan untuk berpikir kritis dan mencari jalan keluar untuk mengatasi permasalahan atau benturan tersebut. Sehingga dari sana praktikan banyak mendapat ilmu baru sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik profesional di masa depan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Dec 2016 02:21
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45001

Actions (login required)

View Item View Item