Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Partisipasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran PKn SD di PGSD

Fathurrohman, Fathurrohman (2010) Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Partisipasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran PKn SD di PGSD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fathurrohman-06712251021.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peningkatan partisipasi mahasiswa dalam proses pembelajaran PKn SD melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Selain itu, peneliti juga mengungkapkan peningkatan prestasi belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran PKn SD melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas proaktif (proactive classroom action research) menurut Schmuck (1997). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta yang mengambil mata kuliah PKn SD. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam proses pembelajaran PKn SD. Data penelitian tentang partisipasi mahasiswa dalam proses pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan 51,11% mahasiswa sering menyampaikan ide/pendapat. 60% peningkatan mahasiswa sering bekerja sama dalam menyelesaikan tugas. 48,89% peningkatan mahasiswa sering menghargai pendapat orang lain. 73,34% peningkatan mahasiswa sering memecahkan masalah dan 73,3% peningkatan mahasiswa sering menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. 2) Pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran PKn SD. Dari hasil data penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi mahasiswa sebesar 20%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis masalah, partisipasi, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2016 02:58
Last Modified: 29 Jan 2019 09:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44726

Actions (login required)

View Item View Item