PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN INDUKTIF DI KELAS IV SD NEGERI 3 SUGIHAN KABUPATEN WONOGIRI

Nurhasan, Rahmat Wahit (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN INDUKTIF DI KELAS IV SD NEGERI 3 SUGIHAN KABUPATEN WONOGIRI. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Rahmat Wahit Nurhasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika materi perkalian dan pembagian pecahan siswa kelas IV. Penelitian dilakukan di SDN 3 Sugihan Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas dengan subyek penelitiannya siswa kelas IV SDN 3 Sugihan yang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa setelah guru menggunakan pendekatan induktif dalam mengajarkan perkalian dan pembagian pecahan pada siswa kelas V SD Negeri 3 Sugihan Kabupaten Wonogiri. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah ≥ 70. Pada pra tindakan sebanyak 6 (42,85%) siswa yang sudah tuntas dan 8 (57,15%) siswa belum tuntas. Siklus I sebanyak 7 (50%) siswa sudah tuntas dan 7 (50%) siswa belum tuntas. Pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 100% dan siswa yang belum tuntas 0%. Begitupula dengan hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan, pada siklus I yaitu 51,93% pada siklus II meningkat menjadi 82, 80%. Kata kunci : prestasi belajar, perkalian dan pembagian, pecahan, pendekatan induktif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Dec 2016 08:01
Last Modified: 30 Jan 2019 12:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44582

Actions (login required)

View Item View Item