PERILAKU SOSIAL MASYARAKAT PASCA ERUPSI MERAPI (STUDI DI HUNIAN TETAP BANJARSARI, DESA GLAGAHARJO, CANGKRINGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA)

Dwi Ardiaty Cahyani, Dwi (2016) PERILAKU SOSIAL MASYARAKAT PASCA ERUPSI MERAPI (STUDI DI HUNIAN TETAP BANJARSARI, DESA GLAGAHARJO, CANGKRINGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Dwi Ardiaty Cahyani_09102241023.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujjuan untuk mendeskripsikan: perubahan perilaku masyarakat pasca erupsi merapi, dampak yang ditimbulkan akibat dari erupsi merapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. subjek penelitian ini adalah warga Hunian Tetap Banjarsari. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perubahan perilaku masyarakat pasca erupsi merapi meliputi perubahan perilaku di dalam keluarga dan perubahan perilaku antar warga Hunian Tetap (2) proses sosial masyarakat pasca erupsi merapi meliputi kontak sosial dan komunikasi (3) interaksi sosial pasca erupsi merapi meliputi pola asosiatif dan pola diasosiatif (4) dampak yang ditimbulkan akibat pasca erupsi merapi meliputi dampak terhadap sektor ekonomi, dampak terhdap sektor sosial, dampak terhadap religious dan dampak terhadap mental warga. Kata kunci: perilaku sosial, masyarakat, erupsi merapi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 08 Dec 2016 02:53
Last Modified: 30 Jan 2019 12:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44419

Actions (login required)

View Item View Item