IMPLEMENTASI PROGRAM KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT (KSM)UNTUK MENUMBUHKAN KESWADAYAAN MASYARAKAT DI DESA MENOMARTANI, SLEMAN YOGYAKARTA

Dian Paramitha, Dian (2016) IMPLEMENTASI PROGRAM KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT (KSM)UNTUK MENUMBUHKAN KESWADAYAAN MASYARAKAT DI DESA MENOMARTANI, SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Dian_Paramitha_10102244020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mendeskripsikan apa saja program-program KSM di Desa Minomartani(2) untuk mendeskripsikan implementasi program KSM dalam di Desa Minomartani, Sleman.(3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi program Kelompok Swadaya Masyarakat di Desa Minomartani, Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif subyek pengurus KSM, serta anggota KSM, masyarakat. Teknik pemilihan subjek mengggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan sumber data dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) program-program yang ada di KSM terdiri : unit pengelola keuangan yaitu kegiatan di bidang ekonomi dengan melakukan program pinjaman bergulir, unit pengelola lingkungan yaitu kegiatan di bidang pembangunan lingkungan dan unit pengelola sosial yaitu kegiatan di bidang sosial.(2) Implementasi program meliputi 6 langkah yaitu analisis kebutuhan, analisis situasi sosial,menentukan program yang layak dijadikan basis keswadayaan masyarakat, menentukan alternatif program yang diprioritaskan, melakukan aksi pemberdayaan masyarakat sesuai dengan program prioritaskan, melakukan evaluasi untuk mengetahui keberhasilan atau kegagalan program dan faktor-faktor penyebabnya.(3) faktor pendukung pelaksanaan program yaitu antusias masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai manfaat KSM, Faktor penghambat pelaksanaan program dari dalam internal yaitu pengurus BKM yang menaungi unit-unit pengelolaan, kurangnya sosialisasi kebermanfaatan KSM kepada masyarakat. Kata kunci: Implementasi, Kelompok Swadaya Masyarakat, Keswadayaan Masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 08 Dec 2016 02:32
Last Modified: 30 Jan 2019 12:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44414

Actions (login required)

View Item View Item