PENERAPAN LABORATORY INSTRUCTIONAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATA KULIAH PERKEMBANGAN MOTORIK MAHASISWA PKO FIK UNY

Endang, Rini Sukamti (2006) PENERAPAN LABORATORY INSTRUCTIONAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATA KULIAH PERKEMBANGAN MOTORIK MAHASISWA PKO FIK UNY. [Experiment/Research] (In Press)

[img]
Preview
Text
Endang_Rini_Sukamti.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan laboratory instructional dalam proses pembelajaran dengan tugas dan tanya jawab berdampak positif terhadap pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Perkembangan Motorik. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PKO yang mengikuti mata kuliah Perkembangan Motorik dengan jumlah 57 orang. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian tindakan yang tersusun atas beberapa siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah perkembangan motorik dapat ditingkatkan melalui penerapan laboratory instructional, terbukti 84% mahasiswa berhasil mencapai kelulusan dengan nilai 60% ke atas (nilai C ke atas). Penerapan laboratory instructional terbukti mampu meningkatkan keaktifan dan partisipasi mahasiswa, ketepatan penyelesaian tugas, diskusi kelompok, penguasaan materi, pemanfaatan waktu belajar, kesiapan diskusi, dan kesesuaian jawaban dengan materi perkuliahan dalam tanya jawab dan kuis yang diberikan oleh dosen. FIK, 2006 (PEND. KEPELATIHAN)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
LPPM
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Date Deposited: 19 Jun 2012 07:37
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44

Actions (login required)

View Item View Item