Pengembangan Modul Dongeng Anak Berbasis Sosiokultural dalam Pembelajaran Tematik Integratif untuk Meningkatan Keterampilan Membaca clan Menulis Siswa Kelas II SDN Lempuyangwangi Yogyakarta.

Sari, Dessy Dwitalia (2016) Pengembangan Modul Dongeng Anak Berbasis Sosiokultural dalam Pembelajaran Tematik Integratif untuk Meningkatan Keterampilan Membaca clan Menulis Siswa Kelas II SDN Lempuyangwangi Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dessy-switalia-sari-14712251051.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul dongeng anak berbasis sosiokultural, clan (2) mengungkapkan keefektifan modul tersebut dalam pembelajaran tematik integratif terhadap keterampilan membaca dan menulis siswa kelas II SON Lempuyangwangi Yogyakarta. Penelitian mt merupakan penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengadaptasi prosedur pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall (1983) yang terdiri dari 10 langkah, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi basil uji coba awal, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi basil uji coba lapangan utama, (8) uji coba lapangan operasional, (9) revisi produk akhir, dan (10) diseminasi dan implementasi. Subjek penelitian adalah siswa clan guru kelas II SDN Lempuyangwangi Yogyakarta dan SDN Tegalrejo l Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi, validasi produk, angket respon guru dan siswa, unjuk kerja keterampilan membaca permulaan dan unjuk kerja menulis tegak bersambung. Keefektifan produk diuji melalui quasi experiment. Teknik analisis data menggunakan independent sample I-test dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian ini berupa modul pembelajaran dongeng anak berbasis sosiokultural dalam pembelajaran tematik integratif. (1) Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan tersebut layak menurut ahli bahasa dengan kategori "sangat baik", ahli media dengan kategori "sangat baik", dan ahli materi dengan kategori "baik". Respon guru dan respon siswa terhadap penggunaan modul pembelajaran berkategori "sangat baik". (2) Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa modul tersebut efektif dalam peningkatan keterampilan membaca dan menulis siswa. Hal ini didasarkan pada basil uji coba lapangan operasional yang menunjukkan p<0.05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan modul tersebut clan menggunakan buku pegangan terhadap keterampilan membaca dan menulis

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: dongeng anak, tematik integratif, pembelajaran berbasis sosiokultural, keterampilan membaca, keterampilan menulis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Nov 2016 03:11
Last Modified: 09 May 2019 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43980

Actions (login required)

View Item View Item