Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Pada Program Full Day di PAUD Terpadu Bakti Baitussalam dan PAUD Tunas Bangsa di Yogyakarta.

Rahayu, Puji Dwi (2016) Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Pada Program Full Day di PAUD Terpadu Bakti Baitussalam dan PAUD Tunas Bangsa di Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-puji-dwi-rahayu-13704251016.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui program anak usia dini holistik integratif pada program full day di PAUD Terpadu Bakti Baitussalam dan PAUD Tunas Bangsa di Yogyakarta. 2) Mengetahui pelaksanaan pengembangan anak usia dini holistik integratif pada program full day di PAUD Terpadu Bakti Baitussalam dan PAUD Tunas Bangsa di Yogyakarta. 3) Mengetahui factor pendukung dan penghambat pengembangan anak usia dini holistik integratif pada program full day di PAUD Terpadu Bakti Baitussalam dan PAUD Tunas Bangsa di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik, pengasuh dan orang tua anak. Data diperoleh melalui pengamatan serta dimana peneliti berfungsi sebagai instrumen yang tidak terpisahkan dengan subyek penelitian. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles and Huberman yang dilakukan melalui empat kegiatan utama yaitu :pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Validasi data dilakukan dengan membandingkan data dari berbagai sumber dan metode, serta diskusi teman sejawat, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini adalah: 1) Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) Pada Program Full Day di PAUD Terpadu Bakti Baitussalam dan PAUD Tunas terdiri dari program rutin, program penunjang, program layanan khusus. 2) Pelaksanaan program PAUD-HI di PAUD Terpadu Bakti Baitussalam dan PAUD Tunas Bangsa dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran, kegiatan keagamaan, kegiatan pengasuhan, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan pemeriksaan dokter, konsultasi anak dan DDTK. 3)Faktor-faktor yang mendukung PAUD-HI di PAUD Terpadu Bakti Baitussalam yaitu karakter dan kualitas pendidik sedangkan faktor yang menghambat yaitu sarana dan prasarana seperti APE yang terbatas, kerjasama pendidik kurang maksimal. Faktor yang mendukung PAUD-HI di PAUD Tunas Bangsa yaitu kerjasama dan toleransi antar umat beragama, SDM dengan pendidikan kesarjanaan sedangkan factor penghambat yaitu sebagian orang tua belum bias diajak kerjasama untuk membiasakan anak di sekolah dan di rumah serta pengasuh belum mampu menjaga anak yang berusia 2 tahun dan belum bias berjalan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan anak usia dini holistik integratif, program full day.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Nov 2016 04:35
Last Modified: 09 May 2019 07:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43632

Actions (login required)

View Item View Item