Sakeletuk, Dominikus (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MELALUI METODE MIND MAP SISWA KELAS V SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.
Text
Dominikus Sakeletuk.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran Bahasa Indonesia dalam meningkatkan keterampilan bercerita melalui metode mind map siswa kelas V SD Negeri Golo Yogyakarta. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Negeri Golo Yogyakarta dengan jumlah 37 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi aktivitas guru dan siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa keterampilan bercerita siswa kelas V SDN Golo, dapat ditingkatkan melalui metode mind map. Peningkatan terjadi pada: (1) proses pembelajaran mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik di setiap siklus, yaitu meningkatnya motivasi, perhatian, dan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, pada siklus I pencapaian yang diperoleh siswa adalah 66% meningkat menjadi 76% pada siklus II, (2) hasil keterampilan siswa dalam bercerita mengalami peningkatan. Hasil nilai Rata-rata keterampilan bercerita siswa pada siklus I menjadi 63,73,% kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 71,68.% kategori sangat baik. Dengan demikian, penggunaan metode mind map dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas V SD Negeri Golo Yogyakarta. Kata kunci: keterampilan bercerita, metode mind map, SD
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 02 Nov 2016 00:28 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43081 |
Actions (login required)
View Item |