Pengembangan Media Komik Wayang Kreatif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Karakter Percaya Diri pada Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta.

Suryatin, Suryatin (2016) Pengembangan Media Komik Wayang Kreatif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Karakter Percaya Diri pada Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suryatin-14712251057.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media komik wayang kreatif serta mengungkapkan kelayakan dan keefektifan media komik wayang kreatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan karakter percaya diri siswa kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) yang mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) telah dihasilkan media komik wayang kreatif yang memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli materi, ahli media dan respon guru dengan kategori sangat baik, dan respon siswa dengan kategori baik; 2) media komik wayang kreatif yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan karakter percaya diri siswa. Kemampuan pemecahan masalah meningkat secara signifikan berdasarkan uji t pada taraf signifikansi 0,05 (sig. (1 tailed) = 0,00 < α = 0,05). Kepercayaan diri siswa meningkat secara signifikan berdasarkan uji t pada taraf signifikansi 0,05 (sig. (1 tailed) = 0,0075 < α = 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penelitian dan pengembangan, komik, kemampuan pemecahan masalah matematis, percaya diri.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2016 07:28
Last Modified: 09 May 2019 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43063

Actions (login required)

View Item View Item