Analisis Wacana Kritis Pemberdayaan dan Permasalahan Tenaga Kerja Indonesia di Hong Kong dalam Film Minggu Pagi di Victoria Park.

Pratiwi, Estin Endah (2016) Analisis Wacana Kritis Pemberdayaan dan Permasalahan Tenaga Kerja Indonesia di Hong Kong dalam Film Minggu Pagi di Victoria Park. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-estin-endah-pratiwi-14704251029.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan isi film Minggu Pagi di Victoria Park, (2) mengetahui dan menganalis berbagai tahap pemberdayaan TKI, (3) mengetahui permasalahan yang dialami para Tenaga Kerja Indonesia di Hong Kong berdasarkan faktor penyebabnya, (4) merencanakan program Pendidikan Luar Sekolah terkait dengan film Minggu Pagi di Victoria Park. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis (Critical Discourse Analysis), subjek penelitian ini adalah film Minggu Pagi di Victoria Park. Langkah-langkah pengumpulan data menggunakan pendekatan analisis isi dari Harold D. Lasswell yaitu: (1) penetapan desain atau model penelitian, (2) pencarian data pokok atau data primer, (3) pencarian pengetahuan kontekstual. Teknik analisis data dilakukan dengan cara: (1) analisis teks, (2) analisis praktik wacana, (3) analisis praktik sosial budaya. Hasil penelitian ini yaitu: (1) film yang berjudul Minggu Pagi di Victoria Park mengisahkan tentang tahap pemberdayaan dan berbagai permasalahan yang dialami Tenaga Kerja Indonesia di Hongkong, (2) Tahap pemberdayaan TKI yang terdapat dalam film Minggu Pagi di Victoria Park yaitu dengan: tahap penyadaran dan tahap pengkapasitasan. (3) permasalahan TKI yang ditemukan dalam film Minggu Pagi di Victoria Park berdasarkan faktor penyebabnya yaitu: a) faktor ekonomi yaitu: terlilit hutang piutang, penahanan dokumen, menjadi PSK, mengalami penganiayaan dan pemerasan, b) faktor budaya yaitu: gaji tidak dibayar, kesulitan berkomunikasi dengan bahasa setempat faktor, sulit memperoleh pekerjaan jika masuk daftar cekal, psikologis yaitu: TKI gagal berangkat, TKI bunuh diri, percobaan bunuh diri, putus hubungan komunikasi dengan keluarga, menjadi lesbian (4) Rencana pengembangan program PLS untuk para TKI berdasarkan hasil analisis content film, yaitu: (a) bekerjasama dengan Disnakertrans dan BNP2TKI mengadakan sosialisasi kapada para TKI pra penempatan, selama penempatan, purna penempatan, (b) bekerjasama dengan BLK TKI untuk menjadikan film Minggu Pagi di Victoria Park sebagai media pembelajaran untuk calon TKI.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: analisis wacana kritis, pemberdayaan, permasalahan TKI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Oct 2016 07:26
Last Modified: 09 May 2019 07:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42554

Actions (login required)

View Item View Item