Model Pengembangan Profesionalisme Guru Bahasa Inggris Berbasis Evaluasi Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)

Sumardi, Sumardi (2011) Model Pengembangan Profesionalisme Guru Bahasa Inggris Berbasis Evaluasi Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-sumardi-07701261007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pengembangan profesionalisme guru bahasa Inggris berbasis evaluasi program MGMP yang dapat digunakan secara efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru bahasa Inggris, sehingga guru-guru itu mampu melakukan proses pembelajaran yang berkualitas. Model pengembangan profesionalisme guru bahasa Inggris (model PPGBI) ini terdiri atas lima domain/ranah, yaitu (1) domain analisis kebutuhan guru bahasa Inggris (teachers’ need assessment); (2) domain latihan persiapan kerja (in-service activity); (3) domain latihan dalam kerja (on-service activity); (4) domain iklim dan kondisi kerja di sekolah; dan (5) domain outcomes (peningkatan profesionalisme guru bahasa Inggris). Hubungan antardomain dalam model ini bersifat interaktif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) yang dikembangkan oleh Borg & Gall (1983:775). Proses penelitian dan uji model dilaksanakan di empat sekolah yang memiliki karakteristik berbeda, yaitu sekolah dengan karakteristik maju, sedang, dan kurang dilihat dari input peserta didik saat masuk ke sekolah itu; ketersediaan sumber belajar di sekolah; ketersediaan sarana prasarana pendukung pembelajaran; dan dukungan orang tua terhadap penyelenggaraan proses pembelajaran. Guna mengetahui seberapa jauh keefektifan model PPGBI ini dalam mencapai tujuan yang diharapkan, model ini kemudian dievaluasi mengikuti lima tahapan model evaluasi Guskey (2000:79), yaitu evaluasi tentang (1) persepsi partisipan terhadap model PPGBI; (2) pengetahuan dan keterampilan partisipan; (3) iklim dan kondisi kerja yang dapat mendorong setiap partisipan untuk berubah; (4) partisipan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan ke dalam kinerjanya; dan (5) perubahan praktik pembelajaran yang dilakukan partisipan setelah berpartisipasi dalam implementasi model PPGBI. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa implementasi model PPGBI berdampak positif terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru-guru bahasa Inggris dan selanjutnya guru-guru bahasa Inggris itu mampu mengubah kualitas proses pembelajaran yang dilakukan. Secara rinci, dampak implementasi model PPGBI adalah (1) pengetahuan guru mengenai materi pelajaran meningkat; (2) keterampilan guru dalam melakukan proses pembelajaran menjadi lebih baik; (3) peningkatan kemampuan guru dalam memotivasi siswa agar terlibat secara fisik dan mental selama mengikuti proses pebelajaran; (4) sikap kolegialitas antarguru semakin kuat; (5) peningkatan efikasi guru; (6) guru semakin peka dalam mengamati siswa; dan (7) peningkatan kualitas rencana pembelajaran yang dibuat guru. Model PPGBI yang menghendaki adanya proses inkuiri, belajar bersama, observasi, refleksi, diskusi dan kolaborasi antarguru bahasa Inggris yang dilakukan mengikuti filosofi lesson study ini telah mengarahkan terjadinya peningkatan profesionalisme guru bahasa Inggris. Selanjutnya, berdasarkan implementasi model PPGBI ini diketahui bahwa pengembangan profesionalisme guru ternyata tidak dapat hanya mengandalkan aktivitas training semata, tetapi aktivitas training itu perlu didukung aktivitas non-training, seperti iklim dan kondisi kerja di sekolah, dinamika kelompok, dan persepsi guru. Aktivitas non-training dimaksudkan untuk menciptakan konteks kondusif yang dapat berperan sebagai ‘katalisator’ untuk meningkatkan keefektifan implementasi model pengembangan profesionalisme guru. Perpaduan aktivitas training dan non-training ini secara simultan diidentifikasi mampu menghasilkan dampak pada perubahan profesionalime guru.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pengembangan, profesionalisme guru, berbasis evaluasi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2016 03:06
Last Modified: 04 Aug 2022 06:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42386

Actions (login required)

View Item View Item