PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SISTEM SCADA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK N 2 DEPOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Wahyu, Ibnu Nur Huda (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SISTEM SCADA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK N 2 DEPOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_Wahyu Ibnu.PDF

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SISTEM SCADA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK N 2 DEPOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING Oleh : Wahyu Ibnu Nur Huda 10501244020 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) menggunakan media pembelajaran sistem SCADA dalam meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran sistem SCADA kelas XI program keahlian Teknik Otomasi Industri SMK N 2 Depok pada kompetensi dasar memahami perangkat keras sistem SCADA dan memahami operasional sistem SCADA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas XI program keahlian Teknik Otomasi Industri SMK N 2 Depok. Pengumpulan data menggunakan instrumen pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif, lembar observasi afektif untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa, lembar unjuk kerja dan jobsheet untuk mengetahui aspek psikomotorik siswa. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kontekstual menggunakan media pembelajaran sistem SCADA, prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan dapat terlihat dari data nilai rata-rata aspek afektif yang pada siklus I pertemuan pertama sebesar 46,92% meningkat pada siklus II pertemuan ketiga menjadi 83,71%. Pada aspek kognitif pada pretest siklus pertama nilai rata-rata siswa sebesar 53,85 meningkat pada posttest siklus II menjadi 84,44. Pada aspek psikomotor nilai rata-rata siswa siklus I sebesar 53,44 dan meningkat pada siklus II menjadi 82,75. Kata kunci: penelitian tindakan kelas, pembelajaran kontekstual, prestasi belajar, media pembelajaran, sistem SCADA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Oct 2016 01:09
Last Modified: 30 Jan 2019 11:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42176

Actions (login required)

View Item View Item