Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Evaluatif Siswa Kelas XI IPA pada Konsep Sistem Pernapasan SMA Negeri 4 Yogyakarta.

Aini, Masnur (2016) Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Evaluatif Siswa Kelas XI IPA pada Konsep Sistem Pernapasan SMA Negeri 4 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-masnur-aini-14725251033.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penggunaan Model Problem-Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA pada konsep sistem pernapasan SMA Negeri 4 Yogyakarta dan(2) penggunaan Model Problem-Based Learning terhadap kemampuan berpikir evaluatif siswa kelas XI IPA pada konsep sistem pernapasan SMA Negeri 4 Yogyakarta. Jenis penelitian ini Quasi-experiment dengan desain Non- Equivalent Control-Group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI IPA SMA Negeri 4 Yogyakarta pada semseter kedua Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Variabel penelitian meliputi variabel bebas (penggunaan Model Problem-Based Learning)dan variabel terikat (kemampuan berpikir kreatif dan evaluatif). Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelompok eksperimen, dan kelas XI IPA 5 sebagai kelompok kontrol. Penelitian dilaksanakan di SMA N 4 Yogyakarta pada semester kedua Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen yang digunakan berupa soal pretest dan posttest berbentuk uraian. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan independen sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif kelompok eksperimen mempunyai perbedaan rata-rata (M=31,67)sedangkan kelompok kontrol (M=15,03) dengan thitung,p<0,01(t=7,462; p<0,01). Artinya kemampuan berpikir kreatif kelompok eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan dibanding dengan kelompok kontrol dan (2) kemampuan berpikir evaluatif kelompok eksperimen mempunyai perbedaan rata-rata (M=44,87) sedangkan kelompok kontrol (M=22,30) dengan thitung,p<0,01(t=9,665; p<0,01). Artinya kemampuan berpikir evaluatif kelompok eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan dibanding dengan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model problem-based learning, berpikir kreatif, berpikir evaluatif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Oct 2016 06:03
Last Modified: 09 May 2019 07:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41971

Actions (login required)

View Item View Item