IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MEMBUAT IKHTISAR SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA N 1 MLATI TAHUN AJARAN 2015/2016

Radiastuti, Melina (2016) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MEMBUAT IKHTISAR SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA N 1 MLATI TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MELINA RADIASTUTI_12803241021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi siswa khususnya Kompetensi Dasar Membuat Ikhtisar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa dengan Implementasi Strategi Pembelajaran Model Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas XI IPS 1 SMA N 1 Mlati Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Dalam setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, mengamati, dan refleksi. Kompetensi Dasar yang dipilih adalah Membuat Ikhtisar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Mlati yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes, Catatan Lapangan, dan Dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Tes dan Lembar Catatan Lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi Strategi Pembelajaran Model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi siswa. Keberhasilan tindakan tersebut dibuktikan pada nilai rata-rata siklus I meningkat sebesar 38,29 poin dimana nilai sebelum tindakan adalah 38,92 naik menjadi 77,21 sesudah tindakan. Pada siklus II naik sebesar 41,71 poin dimana rata-rata nilai siswa sebelum tindakan adalah 53,71 naik menjadi 95,42 setelah tindakan. Rata-rata nilai setelah tindakan pada siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 18,21 poin yaitu dari 77,21 pada siklus I kemudian naik menjadi 95,42 pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share (TPS), Prestasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 30 Sep 2016 06:24
Last Modified: 30 Jan 2019 11:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41895

Actions (login required)

View Item View Item