Evaluasi Program Pembelajaran Mata Kuliah Abhidhamma Pitaka Sekolah Tinggi Agama Buddha di Jawa Tengah

Setyaningsih, Setyaningsih (2011) Evaluasi Program Pembelajaran Mata Kuliah Abhidhamma Pitaka Sekolah Tinggi Agama Buddha di Jawa Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-setyaningsih-09701251009.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran Abhidhamma Pitaka Sekolah Tinggi Agama Buddha di Jawa Tengah, yang meliputi: (1) konteks: relevansi program dan tujuan pembelajaran Abhidhamma Pitaka; (2) Input: silabus, bahan ajar, media/alat pembelajaran, dosen, mahasiswa, sarana prasarana dan kondisi lingkungan pembelajaran; (3) Proses: pelaksanaan pembelajaran; dan (4) produk: prestasi mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam (1985) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian meliputi: dosen dan mahasiswa. Penelitian dilakukan di tiga Sekolah Tinggi Agama Buddha di Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Data kualitatif dianalisis dengan teknik deskriptif, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Validitas instrumen mahasiswa dilakukan menggunakan validitas isi dengan menggunakan expert judgement, dilanjutkan dengan validitas konstruk yang dalam hal ini digunakan korelasi Product Moment karena hanya satu faktor. Reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas mahasiswa sebesar 0,877. Hasil penelitian menunjukkan: (1) berdasarkan hasil evaluasi konteks, relevansi program dan tujuan pembelajaran Abhidhamma Pitaka dalam kategori baik; (2) hasil evaluasi input menunjukkan, bahan ajar, media atau alat pembelajaran, dosen, mahasiswa, sarana prasarana, dan kondisi lingkungan pembelajaran termasuk dalam kategori baik; (3) hasil evaluasi proses yang terdiri dari kesiapan, pelaksanaan, dan penilaian hasil belajar dalam kategori sangat baik; dan (4) evaluasi produk yaitu prestasi mahasiswa dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2016 11:53
Last Modified: 29 Jan 2019 08:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41632

Actions (login required)

View Item View Item