PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ULASAN FILM PENDEK DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS XI IPS1 SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL DIY

Fitriani Widyo Putri, Fitriani (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ULASAN FILM PENDEK DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS XI IPS1 SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL DIY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fitriani Widyo Putri_12201241012.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pembelajaran menulis dan peningkatan keterampilan menulis teks ulasan film pendek dengan strategi Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Sewon Bantul DIY. Melalui strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW), peningkatan dapat dilihat secara proses maupun secara produk. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sewon Bantul DIY. Subjek dalam penelitian in adalah siswa kelas XI IPS1 yang terdiri atas 31 siswa. Objek dalam penelitian in adalah keterampilan menulis teks ulasan film pendek. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari empat tahap setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, angket, observasi, wawancara catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Kemampuan menulis teks ulasan film pendek siswa dilihat dari batas pencapaian kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75 dan menjadi bahan pertimbangan pelaksanaan siklus selanjutnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks ulasan film pendek siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Sewon Bantul DIY. Peningkatan tersebu ditunjukkan dari kualitas proses pembelajaran yang tercermin dalam perhatian siswa terhadap pembelajaran, gairah belajar siswa, keaktifan siswa terhadap pembelajaran, ketepatan waktu siswa dalam mengumpulkan tugas. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari skor rata-rata keterampilan menulis dar pratindakan sampai siklus III. Pada pratindakan, skor rata-rata kelas diperoleh sebesar 52,41, kemudian meningkat menjadi 71 pada siklus I. Pada siklus II skor rata-rata kelas meningkat menjadi 74,90, dan meningkat lagi menjadi 82,87 pada siklus III. Peningkatan skor rata-rata kelas dari siklus I sampai siklus III sebesar 11,87, sedangkan skor rata-rata kelas dari pratindakan sampai siklus III sebesar 30,46.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 23 Sep 2016 01:31
Last Modified: 30 Jan 2019 11:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41553

Actions (login required)

View Item View Item