Evaluasi Pelaksanaan Program D3 Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Nugraha, Beni Setya (2011) Evaluasi Pelaksanaan Program D3 Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-beni-setya-nugraha-06701251008.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan program studi D3 FT UNY yang meliputi (1) kemampuan akademik mahasiswa pada awal semester, (2) jenjang pendidikan dan pengaturan beban mengajar tenaga pengajar, (3) proses perkuliahan, (4) ketersediaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi, dan (5) kemampuan akademik mahasiswa pada akhir semester. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi D3 FT UNY yang berstatus aktif studi pada semester IV tahun 2009/2010. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Model evaluasi yang digunakan adalah Stake’s Countenance Model, yang terdiri atas tiga fase, yaitu: fase pendahuluan, pelaksanaan, dan hasil. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah angket dan dokumen. Validasi instrumen dilakukan dengan validitas isi (dikonsultasikan dengan ahli) dan validitas konstruk (analisis faktor). Reliabilitas instrumen dianalisis menggunakan koofesien Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan akademik mahasiswa sebelum menempuh semester IV tahun 2009/2010 dalam hal pencapaian sks tempuh sangat baik, yaitu sebesar 96,27%. Rerata IPsem termasuk kategori cukup, yaitu sebesar 2,69, dimana 65,07% mahasiswa memperoleh IPsem >2,67. Keberhasilan studi periode pertama termasuk kategori sangat baik, sebesar 91,79% mahasiswa dinyatakan memenuhi kriteria yang ditetapkan. Jenjang pendidikan tenaga pengajar termasuk kategori baik, sebesar 86,14% tenaga pengajar pada jenjang pendidikan S2 dan S3. Pengaturan beban mengajar tenaga pengajar program studi D3 FT UNY pada semester IV tahun 2009/2010 melebihi batas ideal namun masih termasuk kategori cukup, yaitu beban mengajar sebesar 14,02 sks, rerata mata kuliah diampu mencapai 2,90 dan jumlah jam tatap muka mencapai 21,54 jam per minggu. Aspek proses perkuliahan termasuk kategori cukup, dengan skor 3,08. Aspek ketersediaan dan pemanfaatan sarana & prasarana yang tersedia dalam menunjang proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi termasuk kategori kurang, dengan skor 2,83. Kemampuan akademik mahasiswa pada akhir semester IV tahun 2009/2010 dalam hal pencapaian beban studi semester termasuk kategori sangat baik, yaitu sebesar 97,06%. Pencapaian sks tempuh termasuk kategori sangat baik, yaitu sebesar 96,86%. Rerata IPsem termasuk kategori cukup, yaitu sebesar 2,81, meningkat 0,12 poin dari semester III, dimana 70,82% mahasiswa memperoleh IPsem >2,67. Rerata IPK termasuk kategori kurang, yaitu sebesar 2,78, dimana prosentase mahasiswa yang berhasil memperoleh IPK >2,75 sebesar 61,18%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pelaksanaan, program D3
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2016 08:22
Last Modified: 29 Jan 2019 08:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41308

Actions (login required)

View Item View Item