Pengaruh Metode Latihan (Drill dan Small Sided Games) dan Agility terhadap Keterampilan Sepakbola pada Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola SMA Negeri di Kabupaten Bantul

Prahastara, Prahastara (2016) Pengaruh Metode Latihan (Drill dan Small Sided Games) dan Agility terhadap Keterampilan Sepakbola pada Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola SMA Negeri di Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-prahastara-14711251040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh metode latihan drill dan metode latihan small sided games terhadap keterampilan sepakbola; (2) perbedaan pengaruh keterampilan sepakbola siswa agility tinggi dan siswa agility rendah; (3) perbedaan pengaruh metode latihan drill pada agility tinggi dan metode latihan small sided games pada agility tinggi terhadap keterampilan sepakbola; (4) perbedaan pengaruh metode latihan drill pada agility rendah dan metode latihan small sided games pada agility rendah terhadap keterampilan sepakbola; dan (5) interaksi antara metode latihan dan agility terhadap keterampilan sepakbola. Penelitian ini merupakan eksperimen dengan desain faktorial 2x2, dengan tes awal dan tes akhir pada empat kelompok yang diberikan perlakuan dua metode. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler sepakbola SMA negeri di Kabupaten Bantul dengan jumlah keseluruhan 485 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling sebanyak 60 siswa. Instrumen yang digunakan adalah Illinois Agility Test, untuk mengukur tingkat agility siswa ekstrakurikuler dengan validitas sebesar 0,95 dan realibilitas sebesar 0,78. Instrumen untuk mengukur keterampilan sepakbola adalah Ball Technique the David Lee Soccer Potential Circuit Test dengan validitas sebesar 0,73 dan realibilitas sebesar 0,8. Analisis data menggunakan Analisis Varian (ANOVA) dua jalur yang dilanjutkan dengan Post-Hoc Tests pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh metode latihan drill dan small sided games terhadap keterampilan sepakbola, dengan p=0,002 < 0,05; (2) ada perbedaan pengaruh keterampilan sepakbola siswa yang memiliki agility tinggi dan agility rendah, dengan p=0,000 < 0,05; (3) tidak ada perbedaan pengaruh agility tinggi dengan metode drill dan agility tinggi dengan metode small sided games terhadap keterampilan sepakbola, dengan p=0,052 > 0,05; (4) tidak ada perbedaan pengaruh agility rendah dengan metode drill dan agility rendah dengan metode small sided games terhadap keterampilan sepakbola, dengan p=0,524 > 0,05; (5) ada interaksi metode latihan dan agility terhadap keterampilan sepakbola, dengan p = 0,000 < 0.05. Siswa yang memiliki agility tinggi lebih tepat dilatih dengan metode drill, sedangkan siswa agility rendah lebih tepat dilatih dengan metode small sided games

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode latihan drill, small sided games, agility, keterampilan sepakbola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2016 02:32
Last Modified: 18 Jan 2022 02:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41169

Actions (login required)

View Item View Item