PENINGKATAN KECERDASAN MUSIKAL DALAM PEMBELAJARAN SBK MENGGUNAKAN ALAT MUSIK ANGKLUNG PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI SINDUADI 1

Anas, Muhamad Azwar (2016) PENINGKATAN KECERDASAN MUSIKAL DALAM PEMBELAJARAN SBK MENGGUNAKAN ALAT MUSIK ANGKLUNG PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI SINDUADI 1. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Muhamad Azwar Anas.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan musikal siswa kelas IVB menggunakan alat musik angklung dalam pembelajaran SBK di SD Negeri Sinduadi 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sinduadi 1 dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IVB yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penerapan pembelajaran seni budaya dan keterampilan dalam rangka meningkatkan kecerdasan musikal menggunakan alat musik angklung diterapkan dengan melakukan kegiatan menyanyikan lagu sesuai nada angklung dan bermain alat musik angkluang secara berulang. Alat musik angklung bisa dikatakan merupakan media yang menarik bagi siswa karena siswa selalu semangat dan menginginkan pembelajaran SBK menggunakan angklung dilakukan secara terus-menerus. Adapun hasil observasi pada kondisi awal hanya 1 siswa yang dapat menunjukan kecerdasan musikalnya dengan cara menyanyi dengan nada yang tepat. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I sehingga terdapat 13 siswa (46,42%) yang mencapai tuntas hasil belajar dengan rerata kelas 65,65 (cukup). Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 28 siswa (100%) yang mencapai tuntas belajar dengan rerata kelas yang dicapai sebesar 91,90 (sangat baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat musik angklung dapat meningkatkan kecerdasan musikal siswa kelas IVB SD Negeri Sinduadi 1 dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan Kata kunci: kecerdasan musikal, alat musik angklung, pembelajaran SBK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:24
Last Modified: 30 Jan 2019 10:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40883

Actions (login required)

View Item View Item