PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN FARMING SCHOOL RUMPIN PIJOENGAN, PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

Rany Triwahyuningsih, Rany (2016) PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN FARMING SCHOOL RUMPIN PIJOENGAN, PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_RANY TRIWAHYUNINGSIH_12102244016.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan cara tutor dalam penggunaan media dalam upaya untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran Farming School. (2) Mendeskripsikan peran tutor dalam meningkatkan kreativitas anak didiknya melalui Mata Pelajaran Mulok (Farming School). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian ini adalah pengelola, fasilitator dan anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah interaktif melalui reduksi data, display data, dan penerikan kesimpulan. Metode yang digunakan untuk keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak/warga belajar sudah cukup baik/sesuai dan sudah banyak menunjukkan hasil-hasil kreativitasnya, selain itu juga hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : (1) Proses kegiatan penggunaan media pada saat pembelajaran Farming Schoo terdapat proses penerapan dan indikator di dalamnya, dan kegiatan yang dilakukan sudah sesuai seperti yang dikemukakan oleh para ahli. (2) Peran tutor dalam meningkatkan kreativitas anak pada penggunaan media pembelajaran, terdapat beberapa hal di dalamnya seperti yang telah di jelaskan di bab IV pembahasan yaitu tentang karakteristik tutor, faktor-faktor dalam meningkatkan kreativitas siswa. Kata Kunci : Peran Tutor, Farming School, Media, Kreativitas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 06:06
Last Modified: 30 Jan 2019 10:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40654

Actions (login required)

View Item View Item