Pengaruh Strategi Pembelajaran Deduktif dan Induktif terhadap Pemahaman Konsep dan Prinsip Fungsi pada Mata Kuliah Pengantar Aljabar Modern, serta Motivasi Belajar Mahasiswa

Nugraheni, Puji (2011) Pengaruh Strategi Pembelajaran Deduktif dan Induktif terhadap Pemahaman Konsep dan Prinsip Fungsi pada Mata Kuliah Pengantar Aljabar Modern, serta Motivasi Belajar Mahasiswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-puji-nugraheni-08709251011.swf

Download (919kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan keefektifan strategi pembelajaran deduktif dan strategi pembelajaran induktif untuk pemahaman konsep dan prinsip fungsi pada Mata Kuliah Pengantar Aljabar Modern; 2) mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran deduktif dan strategi pembelajaran induktif terhadap pemahaman konsep dan prinsip fungsi pada Mata Kuliah Pengantar Aljabar Modern, serta motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain pretest-posttest non-ekuivalen multiple-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II tahun akademik 2009/2010 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo yang menempuh Mata Kuliah Pengantar Aljabar Modern, terdiri dari sembilan kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sebanyak dua kelas (dari sembilan kelas) yang masing-masing terdiri dari 34 mahasiswa diajar dengan strategi pembelajaran deduktif dan 35 mahasiswa diajar dengan strategi pembelajaran induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi pembelajaran deduktif dan induktif keduanya efektif untuk pemahaman konsep dan prinsip fungsi pada Mata Kuliah Pengantar Aljabar Modern; 2) tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep fungsi pada Mata Kuliah Pengantar Aljabar Modern antara mahasiswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran deduktif dan induktif; 3) pemahaman prinsip fungsi pada Mata Kuliah Pengantar Aljabar Modern mahasiswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran induktif lebih baik daripada deduktif, dan 4) motivasi belajar mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran induktif lebih baik daripada deduktif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran deduktif, pembelajaran deduktif, pemahaman konsep dan prinsip, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2016 03:20
Last Modified: 29 Jan 2019 08:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40452

Actions (login required)

View Item View Item