PEMANFAATAN DAN PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BAGI SISWA KELAS XI TAHUN AJARAN 2010/2011 DI SMK N 2 DEPOK

Siti, Mulyani (2016) PEMANFAATAN DAN PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BAGI SISWA KELAS XI TAHUN AJARAN 2010/2011 DI SMK N 2 DEPOK. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Siti Mulyani - 06502241031.pdf

Download (63MB) | Preview

Abstract

PEMANFAATAN DAN PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BAGI SISWA KELAS XI TAHUN AJARAN 2010/2011 DI SMK N 2 DEPOK Siti Mulyani 06502241031 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pemanfaatan perpustakaan sekolah bagi siswa kelas XI tahun ajaran 2010/2011 di SMK N 2 Depok 2) mengetahui pemberdayaan perpustakaan sekolah bagi siswa kelas XI tahun ajaran 2010/2011 di SMK N 2 Depok. Hal ini mengingat lembaga penyelenggaraan pendidikan harus menyediakan sumber belajar. Sumber belajar yang dimaksud ialah perpustakaan sekolah. Dalam hal peningkatan mutu pendidikan, perpustakaan ikut berperan penting sebagai penyedia sumber belajar. Keberadaan perpustakaan belum optimal dalam pemanfaatan dan pemberdayaannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan yang bertujuan untuk membuat penjelasan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifatsifat populasi atau daerah tertentu. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIsebanyak 165 siswa. Data penelitian diperoleh dari angket siswadan dokumentasi mengenai perpustakaan. Penentuan sampel menggunakan proportional random sampling.Validitas instrumen berdasarkan judgement experts sebanyak dua orang dan reliabilitas diukur menggunakan rumus Alpha Cronbach. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan masih kurang baik untuk koleksi bahan pustaka (6,67%) maupun fasilitas internet (20%). Hal ini dikarenakan kurang menariknya koleksi dan internet sering tidak terhubung. Responden memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat berdiskusi (46%). Pemanfaatan koleksi kurang yang dikarenakan pemberdayaan perpustakaan pun masih kurang terealisasikan bagi siswa. Usaha promosi perpustakaan bagi siswa belum banyak dilakukan (80%). Dalam hal ini, usaha promosi dapat dilakukan sesuai kemampuan sekolah seperti pemberian brosur maupun pengadaan acara bertema perpustakaan sekolah. Keyword: deskriptif,pemanfaatan perpustakaan, pemberdayaan perpustakaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:56
Last Modified: 30 Jan 2019 10:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40435

Actions (login required)

View Item View Item