Yuswardana, Farida (2016) PENDIDIKAN BERWAWASAN IMTAQ DI SMA N 1 PLERET. S1 thesis, KP.
Text
Skripsi_Farida Yuswardana_12110244030.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan berwawasan Imtaq di SMA N 1 Pleret, dalam hal program dan pelaksanaannya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SMA N 1 Pleret dan objek penelitian adalah pendidikan berwawasan Imtaq di SMA N 1 Pleret. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data pada penelitian ini menggunakan langkah penelitian menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menyimpulkan sebagai berikut: 1)Dasar pendidikanberwawasanImtaqadalah UU nomor 2 tahun 1989 dan PP nomor 28 tahun 1990. 2) Program untuk pendidikan berwawasan Imtaq adalahpenambahan jam pelajaran pendidikan agama, pemberantasan buta aksara Alquran, tadarus pagi, infak, praktik ceramah setelah Zuhur, pengajian kelas, pesantren kilat, dan kegiatan ekstrakurikuler (hadrah, seni baca Alquran, nasyid). 3) Program-program tersebut dilaksanakan dengan mengintegrasikan ke dalamprogram intrakurikulerdan ekstrakurikuler. 4) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan berwawasan Imtaq di SMA N 1 Pleret yaitupartisipasi warga sekolah, pendidik yang berkompetensi,orang tua, dan masyarakat. Faktor penghambatialah sarana dan prasarana, kurangnya guru di bidang agama khususnya agama Kristen, dan motivasi peserta didik. 5) Evaluasi program pendidikan berwawasan Imtaq dilakukan pada saat briefing pagi dan rapat. Kata Kunci: pendidikan, berwawasan Imtaq, dan SMA N 1 Pleret
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan |
Depositing User: | Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 02:11 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40350 |
Actions (login required)
View Item |