Farha, Ayu Siti (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X AUDIO VIDEO I SMK NEGERI 3 WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
12502241002_PT Elektronika_Naskah TAS.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan perhatian dan hasil belajar siswa kelas X Audio Video I pada mata pelajaran Simulasi Digital di SMK N 3 Wonosari dengan implementasi model pembelajaran Blended Learning. Blended Learning merupakan gabungan dari model pembelajaran tatap muka (face to face) dan E-Learning. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Desain penelitian menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada Semester Genap tahun ajaran 2015/2016 dengan subyek penelitian siswa kelas X Audio Video I yang berjumlah 31 siswa. Metode untuk analisis data yaitu dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase perhatian siswa pada pertemuan pertama siklus I sebesar 63,07%. Nilai persentase memperhatikan penjelasan mengenai materi dari guru memperoleh nilai tertinggi yaitu 70,96%. Selanjutnya persentase perhatian tersebut meningkat pada pertemuan kedua siklus I sebesar 66,67% dengan nilai persentase tertinggi pada mengerjakan soal yang diberikan guru sebesar 77,41%. Rata-rata persentase perhatian siswa pada siklus I sebesar 64,87%. Pada pertemuan pertama siklus II, persentase perhatian siswa sebesar 77,05% dengan nilai persentase tertinggi pada mendengarkan penjelasan mengenai materi dari guru sebesar 90,32%. Pada pertemuan kedua siklus II, persentase perhatian siswa sebesar 80,28% dengan nilai persentase tertinggi pada indikator bertanya dengan guru di dalam kelas dan mendengarkan penjelasan mengenai materi dari guru sebesar 90,32%. Rata-rata persentase perhatian siswa pada siklus II sebesar 78,67%. Hasil belajar siswa pada siklus I diketahui rata-rata sebesar 69 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85. Penelitian berhenti pada siklus II karena target pada peningkatan perhatian dan hasil belajar siswa telah tercapai. Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi model pembelajaran blended learning dapat meningkatkan perhatian dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital kelas X Audio Video I SMK Negeri 3 Wonosari. Kata Kunci: Blended Learning, Perhatian Siswa, Hasil Belajar, Simulasi Digital
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 02:05 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40253 |
Actions (login required)
View Item |