Manajemen Pembelajaran Kelompok Belajar Keaksaraan Fungsional di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Al-Fikri Kabupaten Cilacap

Suroso, Suroso (2011) Manajemen Pembelajaran Kelompok Belajar Keaksaraan Fungsional di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Al-Fikri Kabupaten Cilacap. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suroso-06704251017.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran yang dapat membawa keberhasilan pencapaian tujuan keaksaran fungsional yang meliputi: (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan, (4) penilaian, dan (5) pengawasan pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Al-Fikri Kabupaten Cilacap. Penelitian ini dapat dikategorikan pada penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif yaitu memahami tentang pelaksanaan pembelajaran keaksaraan fungsional yang dilakukan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Al-Fikri Kabupaten Cilacap dalam hal manajemen pembelajarannya. Penelitian bukan penelitian yang menemukan teori atas dasar uji hipotesis yang dipersiapkan terlebih dahulu, tetapi penelitian lebih memahami makna manajemen pembelajaran keaksaraan fungsional yang dilakukan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Al-Fikri Kabupaten Cilacap. Data dikumpulkan melalui pengamatan berpartisipasi (observasi partisipan), wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa; (1) perencanaan kegiatan pembelajaran yang mencakup; penyusunan rencana belajar, penentuan prioritas warga belajar dalam menentukan kebutuhan belajar, identifikasi kemampuan awal dan pengalaman warga belajar, penentuan jadwal kegiatan pembelajaran yang diseuaikan dengan kondisi warga belajar, identifikasi sumber belajar, penyusunan kesepakatan belajar, penentuan strategi kegiatan pembelajaran, dan perencanaan pembiayaan (sumber dana), telah dilaksanakan sesuai dengan tujuan program. (2) pengorganisasian program yang terdiri dari; pengorganisasian penyelenggara, pengorganisasian tutor, dan pengorganisasian warga belajar, telah disusun dan dilaksanakan dengan pembagian tugas yang jelas; (3) pelaksanaan pembelajaran tersebut meliputi; kotbah atau pengajian keagamaan sesuai dengan kesepakatan warga belajar, belajar membaca, berlatih menulis, belajar berhitung, berlatih diskusi, berlatih kegiatan praktek fungsional, dan kerjasama warga belajar dalam kelompok, semua kegiatan belajar dan berlatih telah dilakukan; (4) penilaian pembelajaran yang meliputi; penilaian terhadap proses kemampuan awal, penilaian kemajuan belajar dalam keterampilan calistung di setiap kegiatan pembelajaran, penilaian kemampuan fungsional pada kegiatan praktik, penilaian kemampuan mengisi berbagai blanko/format sederhana yang telah disediakan oleh tutor, dan penilaian akhir kegiatan program untuk mendapatkan tanda kelulusan, telah dilaksanakan dengan baik; dan (5) pengawasan hasil pekerjaan pelaksanaan program yang kegiatannya adalah; pengawasan dalam pelaksanaan pekerjaan masing-masing personal, dan pengawasan dalam pengukuran hasil pekerjaan pelaksanaan program keaksaraan fungsional, cukup baik walaupun belum tuntas semua.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran, kelompok belajar keaksaraan fungsional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2016 05:38
Last Modified: 29 Jan 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40210

Actions (login required)

View Item View Item