Peranan Pamong Belajar Sebagai Agen Perubahan dalam Meningkatkan Kompetensi Warga Belajar Program Life Skills di SKB Kota Yogyakarta

Widyati, Rr. Ratna Arum (2011) Peranan Pamong Belajar Sebagai Agen Perubahan dalam Meningkatkan Kompetensi Warga Belajar Program Life Skills di SKB Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rr-ratna-arum-widyati-06704251012.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penyelenggaraan program life skills oleh SKB Kota Yogyakarta; (2) peran Pamong Belajar sebagai agen perubahan dalam penyelenggaraan program life skills yang diselenggarakan oleh SKB Kota Yogyakarta, sehingga dapat berpengaruh pada kompetensi warga belajar; dan (3) faktor pendukung dan penghambat peran Pamong Belajar sebagai agen perubahan dalam meningkatkan kompetensi warga belajar di SKB Kota Yogyakarta. Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan pendekatan kualitatif di mana subyeknya adalah Pamong Belajar di SKB Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dalam empat cara: observasi, angket, wawancara, serta dokumentasi yang dibagi dalam dua tahap; pra lapangan dan kerja lapangan. Data-data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif menurut Miles dan Hubermen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) secara kuantitas, penyelenggaraan program life skills oleh SKB Kota Yogyakarta telah berjalan dengan baik. Namun secara kualitas, masih perlu adanya peningkatan; (2) peranan Pamong Belajar sebagai agen perubahan dalam meningkatkan kompetensi warga belajar program life skills di SKB Kota Yogyakarta dapat dikatakan sudah cukup baik; dan (3) ada sejumlah kekurangan yang menjadi penghambat program life skills di SKB Kota Yogyakarta, antara lain: sarana dan prasarana yang terbatas untuk tata rias pengantin, alat dan bahan praktik yang harganya tidak terjangkau, kesulitan mencari instruktur yang kompeten, hanya mengandalkan dana dari pemerintah, sikap pesimis pada sebagian warga belajar, dan komunikasi yang kurang antara berbagai pihak dalam penyelenggaraan program life skills tersebut.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pamong belajar, life skills
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2016 05:02
Last Modified: 29 Jan 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40208

Actions (login required)

View Item View Item