Partisipasi Warga Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Program PAUD Non Formal (Studi Kasus Pada PAUD Maju Bersama di Desa Homa Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur)

Thomas, Elisabeth Bte (2011) Partisipasi Warga Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Program PAUD Non Formal (Studi Kasus Pada PAUD Maju Bersama di Desa Homa Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-elisabeth-bte-thomas-09704251010.swf

Download (1MB)

Abstract

PAUD Maju Bersama merupakan salah satu program pendidikan pada anak usia dini yang ada di Desa Homa Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur. Lembaga PAUD ini diselenggarakan untuk memberikan rangsangan pendidikan agar dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak yang ada di Desa Homa. Dalam penyelenggaraan program PAUD Maju Bersama, kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi memegang peranan penting untuk pengembangan program PAUD kedepannya. Penelitian ini untuk menggali lebih dalam “Partisipasi Warga Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Program PAUD Non Formal (Studi Kasus Pada PAUD Maju Bersama di Desa Homa Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur). Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk partisipasi masyarakat, tingkat partisipasi masyarakat, dan faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan program PAUD Non Formal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui metode dokumentasi dan metode wawancara perorangan pada masyarakat Homa, yaitu penyelenggara program, tokoh formal, tokoh non formal, masyarakat, dan orangtua siswa PAUD Maju Bersama. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk menjelaskan tentang bentuk partisipasi masyarakat, tingkat partisipasi masyarakat, dan faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, bentuk partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan program PAUD Maju Bersama adalah partisipasi dalam bentuk usul saran atau ide pikiran, tenaga, material, dan uang. Pada tingkat partisipasi masyarakat ditemukan adanya keterlibatan masyarakat mulai proses perencanaan, pelaksaaan, dan pemanfaatan program PAUD. Keterlibatan masyarakat menempatkan masyarakat sebagai mitra kerja dalam mengelolah dan mengatur program PAUD serta mampu melakukan kontrol dalam pengembangan program PAUD Maju Bersama. Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan program PAUD Maju Bersama adalah peran pemerintah desa, tokoh masyarakat, masyarakat, Lembaga Mitra ChildFund sebagai pendamping masyarakat, masyarakat serta faktor faktor budaya karena masyarakat Homa memiliki hubungan kekerabatan yang tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: partisipasi warga masyarakat, PAUD Non Formal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2016 04:34
Last Modified: 29 Jan 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40206

Actions (login required)

View Item View Item