Annisa Sekar Jasmine, Annisa (2016) PENGARUH TERAPI FILM (CINEMA THERAPY) TERHADAP PENINGKATAN SWAKELOLA BELAJAR PADA SISWA KELAS 8 SMP N 2 BERBAH, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bermula dari adanya fenomena rendahnya tingkat swakelola belajar, sehingga menimbulkan keprihatinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui pengaruh terapi film dengan menggunakan media film (cinema therapy) untuk meningkatkan swakelola belajar siswa SMP kelas 8 di SMP N 2 Berbah, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 SMP N 2 Berbah sebanyak 128 siswa, dengan sampel penelitian kelas 8A sebagai kelompok kontrol sebanyak 14 siswa lakil-laki dan 18 siswa perempuan dan kelas 8C sebagai kelompok eksperimen sebanyak 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah skala psikologis. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yakni sebesar 0,946. Pengujian penelitian ini menggunakan paired sample T test untuk membuktikan pengaruh terapi film (cinema therapy) terhadap peningkatan swakelola belajar siswa. Berdasarkan uji paired sample T test didapatkan hasil rata-rata kelompok eksperimen meningkat dari 120,92 menjadi 131,94. Untuk uji hipotesis diperoleh sig. 0,000 (p≤0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga membuktikan bahwa terapi film (cinema therapy) berpengaruh untuk meningkatkan swakelola belajar siswa. Kata kunci: terapi film, swakelola belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 19 Aug 2016 00:40 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40137 |
Actions (login required)
View Item |