PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER AUDIO POWER AMPLIFIER OCL DILENGKAPI VU METER DAN PROTEKTOR SPEAKER UNTUK MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO DI SMK NEGERI 1 MAGELANG

Santosa, Eka Setia Budi (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER AUDIO POWER AMPLIFIER OCL DILENGKAPI VU METER DAN PROTEKTOR SPEAKER UNTUK MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO DI SMK NEGERI 1 MAGELANG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Eka Setia Budi Santosa 12502244007.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER AUDIO POWER AMPLIFIER OCL DILENGKAPI VU METER DAN PROTEKTOR SPEAKER UNTUK MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO DI SMK NEGERI 1 MAGELANG Oleh: Eka Setia Budi Santosa NIM. 12502244007 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh rancang bangun, (2) mengetahui unjuk kerja, dan (3) menguji tingkat kelayakan media pembelajaran trainer audio power amplifier OCL dilengkapi VU meter dan protektor speaker, serta (4) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media tersebut. Media pembelajaran ini mengacu pada kompetensi dasar mata pelajaran perekayasaan sistem audio di SMKN 1 Magelang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Objek penelitian ini adalah trainer audio power amplifier OCL dan jobsheet. Tahap pengembangan produk meliputi: (1) analisis kebutuhan, (2) desain produk, (3) validasi desain, (4) ujicoba produk, (5) ujicoba pemakaian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi pengujian unjuk kerja dan angket penelitian. Uji kelayakan media pembelajaran melibatkan tiga ahli materi dan tiga ahli media, sedangkan ujicoba pemakaian melibatkan 30 siswa. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) trainer terusun dari rangkaian catu daya, audio amplifier OCL, VU meter, dan protektor speaker, (2) hasil pengujian unjuk kerja diperoleh Vout rangkaian catu daya ganda terukur +24,8V -24,8V catu daya tunggal terukur +12V, audio amplifier OCL memiliki daya output 28,8W, jarum VU meter mulai bergerak ketika input audio amplifier 0,7V, protektor speaker dapat bekerja dengan baik ketika terdeteksi tegangan DC pada output amplifier, (3) hasil uji validasi isi memperoleh rata-rata jumlah skor 79,66 persentase 90,52% dengan kategori sangat layak, uji validasi konstruk memperoleh rata-rata jumlah skor 76,66 persentase 83,33% dengan kategori sangat layak, dan uji pemakaian oleh siswa memperoleh rata-rata jumlah skor 75,1 persentase 78,23% dikatagorikan sangat layak, (4) hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 81,5. Kata kunci: media, trainer, power amplifier, VU meter, protektor speaker

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Aug 2016 03:37
Last Modified: 30 Jan 2019 10:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39889

Actions (login required)

View Item View Item