PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “BEDAH BERUANG (BELAJAR MUDAH BERHITUNG KURANG)” UNTUK MENGENALKAN KONSEP PENGURANGAN PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B

Umi, Hartati (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “BEDAH BERUANG (BELAJAR MUDAH BERHITUNG KURANG)” UNTUK MENGENALKAN KONSEP PENGURANGAN PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Skripsi_Umi Hartati_12111241023_PGPAUD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif yang layak untuk mengenalkan konsep pengurangan pada anak taman kanak-kanak kelompok B. Kelayakan dalam hal ini ditinjau dari aspek edukatif, estetika, dan teknis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang dipakai mengadaptasi dan memodifikasi langkah-langkah penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Langkah yang ditempuh dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) merevisi hasil uji coba lapangan awal, 6) uji coba lapangan, dan 7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Subjek uji coba penelitian ini adalah anak kelompok B TK PKK 51 Terong, Dlingo, Bantul, dengan dua tahap pelaksanaan uji coba yaitu uji coba lapangan awal dengan 3 subjek dan uji coba lapangan dengan 16 subjek. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penilaian dari ahli materi mendapatkan rata-rata skor 4,80 dengan kriteria sangat baik dan penilaian dari ahli media memperoleh rata-rata skor 4,38 dengan kriteria sangat baik. Hasil penilaian pada uji coba lapangan awal mendapatkan presentase 94,4% dengan kriteria layak dan hasil uji coba lapangan memperoleh presentase 95,3% dengan kriteria layak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan media pembelajaran interaktif “Bedah Beruang” layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif untuk mengenalkan konsep pengurangan pada anak taman kanak-kanak kelompok B. Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, pengenalan konsep pengurangan, anak TK kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 11 Aug 2016 02:36
Last Modified: 30 Jan 2019 10:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39475

Actions (login required)

View Item View Item