Studi Eksplorasi Kesiapan Guru IPS SMP dalam Melaksanakan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Gunungkidul

Yudianto, Fajar Ardhian (2016) Studi Eksplorasi Kesiapan Guru IPS SMP dalam Melaksanakan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Gunungkidul. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 11416244014.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kesiapan guru IPS SMP di Kabupaten Gunungkidul dalam perencanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013; (2) kesiapan guru IPS SMP di Kabupaten Gunungkidul dalam pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013; dan (3) kesiapan guru IPS SMP di Kabupaten Gunungkidul dalam penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kesiapan guru IPS SMP dalam melaksanakan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Gunungkidul. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru IPS SMP Negeri di Kabupaten Gunungkidul dengan jumlah 152 guru, sedangkan sampel diambil sebanyak 76 guru dengan teknik proportional cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dengan Korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kesiapan guru IPS SMP di Kabupaten Gunungkidul dalam perencanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 berada dalam kategori sangat baik, artinya Guru IPS SMP memiliki kemampuan membuat RPP sesuai dengan pedoman Kurikulum 2013; 2) kesiapan guru IPS SMP di Kabupaten Gunungkidul dalam pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 berada dalam kategori sangat baik, artinya Guru IPS SMP memiliki kemampuan melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik sesuai dengan pedoman Kurikulum 2013; dan 3) kesiapan guru IPS SMP di Kabupaten Gunungkidul dalam penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 berada dalam kategori sangat baik, artinya Guru IPS SMP memiliki kemampuan melaksanakan penilaian authentic sesuai dengan pedoman Kurikulum 2013. Kata kunci: Kesiapan, Guru IPS, Pembelajaran IPS, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 11 Aug 2016 00:46
Last Modified: 30 Jan 2019 10:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39433

Actions (login required)

View Item View Item