UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROSES DAN MEDIA POSTER PADA SISWA KELAS X SMA N 1 KRETEK BANTUL

Dwi Nur Ambarwati, Desi (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROSES DAN MEDIA POSTER PADA SISWA KELAS X SMA N 1 KRETEK BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Desi Dwi Nur Ambarwati 12201241067.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis persuasi dengan menggunakan pendekatan proses dan media poster pada siswa kelas X SMAN 1 Kretek. Pendekatan proses adalah pendekatan yang menekankan pada aspek proses. Media poster adalah media gambar yang memiliki sifat persuasif tinggi karena menampilkan suatu persoalan (tema). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengambil subjek siswa kelasX-1 SMA Negeri 1Kretek. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Februari 2016 sampai dengan Maret 2016. Keterampilan menulis teks persuasi diukur berdasarkan persentase ketercapaian skor menulis teks persuasi. Prosedur pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan tindakan pada siklus II lebih menekankan pada aspek- aspek peningkatan yang belum optimal pada siklus I. Teknik pengumpulan data berupa pengamatan, angket, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran berupa foto. Kriteria keberhasilan tindakan berupa peningkatan proses dan produk. Keberhasilan proses dilihat dari peningkatan antusias dan sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran. Keberhasilan produk dilihat dari hasil skor menulis persuasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan proses dan media poster dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam menulis teks persuasi. Selain itu peningkatan proses juga dapat dilihat dari bertambahnya antusiasme dan sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran. Peningkatan keterampilan hasil menulis teks persuasi dapat dilihat berdasarkan hasil tes siswa pada pratindakan dengan skor rata-rata sebesar 49,3, siklus I dengan skor rata-rata sebesar 67,5 dan pada siklus II skor rata-rata sebesar 86,5. Peningkatan jumlah skor keterampilan menulis teks persuasi dari pratindakan sampai siklus I sebesar 18,2 dan peningkatan skor dari siklus I sampai siklus II sebesar 19. Dilihat dari skor kualitatif frekuensi nilai siswa dalam setiap siklus mengalami peningkatan yang cukup baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan prose dan media poster dapat meningkatkan keterampilan menulis teks persuasi siswa kelasX-1 SMA N 1 kretek.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 11 Aug 2016 01:58
Last Modified: 30 Jan 2019 10:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39416

Actions (login required)

View Item View Item