Pemanfaatan Metode Active Debate untuk Peningkatan Hasil Belajar dan Karakter Kesatunan dalam Pembelajaran PKn di SMP Negeri 6 Yogyakart

Cahyaningtyas, Dwi (2016) Pemanfaatan Metode Active Debate untuk Peningkatan Hasil Belajar dan Karakter Kesatunan dalam Pembelajaran PKn di SMP Negeri 6 Yogyakart. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dwi-cahyaningtyas-14705259008.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter kesantunan khususnya dalam mengemukakan pendapat melalui metode Active Debate pada kelas VIII F SMP Negeri 6 Yogyakarta tahun ajaran 2015-2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus 1 terdiri atas dua kali tatap muka dan siklus 2 terdiri dari tiga kali tatap muka. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII F SMP Negeri 6 Yogyakarta. Tindakan yang dilakukan menggunakan metode Active Debate dengan materi pada siklus 1 “Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara” dan materi pada siklus 2 “Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) observasi untuk mengumpulkan data karakter kesantunan peserta didik, (2) tes berupa soal pilihan ganda untuk mengukur penguasaan pengetahuan peserta didik dalam pembelajaran PKn dengan memanfaatkan metode Active Debate, dan (3) teknik dokumentasi dengan mengumpulkan semua catatan penting yang berhubungan dengan penelitian dan dokumen berupa foto pelaksanaan kegiatan. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan metode Active Debate dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar dan karakter kesantunan peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 6 Yogyakarta tahun ajaran 2015-2016. Hal ini terbukti dari: (1) kenaikan nilai rata-rata hasil belajar dari 60,64 menjadi 73,79 pada akhir siklus 1, dan menjadi 80,16 pada akhir siklus 2, dan skor kesantunan pada kondisi awal 45,54 setelah siklus 1 menjadi 65,15 dan setelah siklus 2 menjadi 80,54; (2) peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus 1 dengan rata-rata dari 13,15 (21,99%) menjadi 6,37 (8,89%) pada akhir siklus 2 dengan kategori baik, dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 87,50%; (3) peningkatan sikap kesantunan dalam berpendapat pada akhir siklus 1 dengan rata-rata 19,61 (48,29%) menjadi 15,40 (24,28%) pada akhir siklus 2. Total peningkatan pada siklus 2 sebesar 35,01 (80,54%) dan skor tersebut telah mencapai kategori baik. Dengan demikian, pemanfaatan metode Active Debate dapat meningkatkan hasil belajar dan karakter kesantunan dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 6 Yogyakarta tahun ajaran 2015-2016

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode Active Debate, hasil belajar, karakter kesantunan
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Etika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Aug 2016 01:05
Last Modified: 09 May 2019 07:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39178

Actions (login required)

View Item View Item