Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPA pada Materi Sistem Ekskresi

Dewi, Deby Kurnia (2016) Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPA pada Materi Sistem Ekskresi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-deby-kurnia-dewi-14708251073.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan instrumen penilaian kinerja keterampilan proses sains hasil pengembangan, (2) mendeskripsikan hasil pengukuran keterampilan proses sains peserta didik SMP, (3) mengetahui kepraktisan instrumen penilaian kinerja untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik SMP. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang mengadaptasi model penelitian pengembangan 4-D dan pengembangan instrumen non-tes. Prosedur penelitian ini meliputi (1) Define: studi pendahuluan; (2) Design: menentukan spesifikasi instrumen, menulis instrumen, menentukan skala instrumen, menentukan sistem penskoran; (3) Develop: mentelaah instrumen, melakukan ujicoba, menganalisis hasil ujicoba, merakit instrumen, melaksanakan pengukuran, menafsirkan hasil pengukuran; (4) Desseminate. Subyek uji coba produk adalah peserta didik kelas VIII SMPN 15 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari pedoman wawancara digunakan untuk menganalisis kebutuhan, lembar validasi ahli digunakan untuk mengukur validitas isi, lembar observasi keterampilan proses sains digunakan untuk mengestimasi reliabilitas dan angket respon pengguna instrumen digunakan untuk mencari tingkat kepraktisan instrumen penilaian kinerja. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis V Aiken yang digunakan untuk menganalisis validitas instrumen penilaian kinerja, percented agreement digunakan untuk menghitung kesepakatan antar rater, reliabilitas inter-rater untuk menghitung nilai reliabilitas instrumen penilaian kinerja dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Penilaian kinerja keterampilan proses sains peserta didik dalam bentuk lembar observasi dinyatakan valid dan reliabel. (2) Hasil pengukuran keterampilan proses sains peserta didik yaitu keterampilan prediksi dan inferensi dengan kategori cukup; keterampilan eksperimen, pengukuran dan komunikasi dengan kategori baik; keterampilan observasi dengan kategori sangat baik.(3) Instrumen penilaian kinerja yang dikembangkan memiliki respon keterpakaian dengan kategori sangat baik untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII pada materi sistem ekskresi

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian kinerja; lembar observasi; keterampilan proses sains; pembelajaran IPA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Aug 2016 06:55
Last Modified: 09 May 2019 07:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39123

Actions (login required)

View Item View Item