PENGARUH LATIHAN PLIOMETRIK FRONT JUMP DAN SIDE JUMP TERHADAP PENINGKATAN POWER OTOT TUNGKAI ATLET BOLAVOLI PUTRI JUNIOR YUSO YOGYAKARTA

Bayu Santoso (2016) PENGARUH LATIHAN PLIOMETRIK FRONT JUMP DAN SIDE JUMP TERHADAP PENINGKATAN POWER OTOT TUNGKAI ATLET BOLAVOLI PUTRI JUNIOR YUSO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Binder1.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan pliometrik front jump dan side jump terhadap peningkatan power tungkai atlet bola voli putri junior Yuso Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “two groups pretest-posttest design”. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet bola voli putri junior Yuso Yogyakarta yang berjumlah 35 atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yaitu : (1) atlet sudah berlatih lebih dari tiga tahun. (2) Bersedia mengikuti pretest, treatment dan posstest. (3) atlet berusia 14-18 tahun Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 18 atlet. Instrumen power otot tungkai menggunakan vertical jump dengan bantuan alat jump df dan menggunakan rumus Harman. Analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan latihan pliometrik front jump terhadap power otot tungkai atlet bola voli putri junior Yuso Yogyakarta, dengan t hitung 3.357 > t tabel 2.306, dan nilai signifikansi 0.010 < 0.05, dengan peningkatan persentase sebesar 8.586%. (2) Ada pengaruh yang signifikan latihan pliometrik side jump terhadap power otot tungkai atlet bola voli putri junior Yuso Yogyakarta, dengan t hitung 3.577 > t tabel 2.306, dan nilai signifikansi 0.007 < 0.05. dengan peningkatan persentase sebesar 3.976%. (3) Latihan pliometrik front jump lebih efektif dalam meningkatkan power otot tungkai dengan perbedaan persentase 4.610%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan pliometrik front jump dan side jump, power otot tungkai.
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Aug 2016 03:14
Last Modified: 30 Jan 2019 10:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39003

Actions (login required)

View Item View Item