Implementasi Sistem Kredit Semeter di Program Studi D-III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta

Kurniati, Dwi Ratna (2011) Implementasi Sistem Kredit Semeter di Program Studi D-III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dwi-ratna-kurniati-09703254025.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi proses pembelajaran, sistem evaluasi yang dilakukan, bagaimana penentuan beban studi mahasiswa, sistem administrasi yang mendukung, faktor-faktor penghambat dan pendukung yang timbul dengan diterapkannya sistem kredit semester di Prodi D-III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO). Metode penelitian adalah penelitian kualitatif dan penentuan subyek penelitian secara purposive sampling dengan sumber informasi dikelompokkan dalam dua kelompok yaitu: 1) jaringan kunci terdiri dari Sekretaris Fakultas Bidang Akademik, sekretaris fakultas bidang non akademik, Ketua Prodi D-III Kebidanan, Kepala BAAK, koordinator Akademik Prodi D-III Kebidanan dan, 2) jaringan informasi pendukung yaitu Kepala Bagian Tata Usaha Akademik Fakultas Ilmu Kesehatan UNRIYO, dosen dan mahasiswa. Penelitian dilakukan di Universitas Respati Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif induktif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) pelaksanaan pembelajaran belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan sks dalam PP Nomor 17 Tahun 2010, (2) evaluasi terhadap mahasiswa dilakukan dengan UTS, UAS, ujian praktik dan responsi. Evaluasi terhadap dosen dalam bentuk ketepatan jumlah jam mengajar dan diakhir perkuliahan dilakukan dengan menyebarkan angket pada mahasiswa. (3) penentuan beban studi mahasiswa berdasarkan indeks prestasi semester mahasiswa, dengan beberapa mata kuliah pra syarat untuk mengambil mata kuliah kompetensi. (4) administrasi yang ada belum sepenuhnya mendukung penerapan sks di Prodi D-III Kebidanan. (5) faktor-faktor penghambat yaitu kurangnya sarana prasarana, mata kuliah tidak bisa dibuka disetiap semester dan adanya perbedaan kurikulum dalam setiap angkatan, sedangkan faktor pendukung adalah dalam sektor tenaga SDM. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan sks di Prodi D-III Kebidanan belum sepenuhnya dilakukan sesuai dengan ketentuan sistem yang ada.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sistem kredit semester
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:45
Last Modified: 29 Jan 2019 08:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38900

Actions (login required)

View Item View Item